Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Hadiri Pembacaan Ikrar Damai 148 Calon Kades 2019, Bupati Edi: Harus Pahami Aturan

Pengucapan ikrar bersama itu diikuti sebanyak 148 calon kepala desa dari 40 desa yang berasal dari 6 Kecamatan

Hadiri Pembacaan Ikrar Damai 148 Calon Kades 2019, Bupati Edi: Harus Pahami Aturan
HUMASKAB KUKAR
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyalami para calon kepala desa usai menghadiri pengucapan ikrar atau deklarasi damai Calon Kepala Desa di Balai Pertemuan Umum Desa Liang Kecamatan Kota Bangun, Rabu (2/10/2019). 

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menghadiri pengucapan ikrar atau deklarasi damai Calon Kepala Desa, di Balai Pertemuan Umum Desa Liang Kecamatan Kota Bangun, Rabu (2/10) siang.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 16 Oktober 2019 itu, diawali dengan pembacaan ikrar bersama calon kepala desa yang dipimpin Syaukani calon kades dari Desa Sebelimbingan, Kota Bangun.

Pengucapan ikrar bersama itu diikuti sebanyak 148 calon kepala desa dari 40 desa yang berasal dari 6 Kecamatan, yakni Kota Bangun, Kembang Janggut, Tabang, Muara Wis, Kenohan serta Muara Muntai.

Asisten I Setkab Kukar yang juga Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kukar, Akhmad Taufik Hidayat mengatakan, Pilkades serentak merupakan amanat UU No 6/2014 tentang Desa yang tercantum di dalam pasal 31 ayat (1) dimana dinyatakan bahwa pemilihan kepala desa dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Lanjut Taufik mengatakan, atas dasar amanat UU Desa inilah pada 2016 lalu kita telah melaksanakan perhelatan Pilkades serentak yang pertama. Dan syukur alhamdulillah penyelenggaraan pilkades serentak pada saat itu secara umum dapat berjalanan dengan baik dan lancar.

"Hanya terdapat satu desa dari 71 desa yang menyelenggarakan Pilkades pada saat itu yang mengalami penundaan. Karena adanya perintah atau penetapan pengadilan," ujarnya.

Sementara itu, Edi berharap agar seluruh calon Kepala Desa dapat memahami secara baik ketentuan dan aturan dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini.

"Sehingga seluruh tahapan dalam Pilkades ini dapat diikuti secara seksama dan senantiasa berada dalam koridor ketentuan peraturannya. Yakni Perbup Kukar No 10/2019 beserta perubahannya Perbup No 36/2019," harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kabag Hukum Purnomo, Kabag Pemerintahan Ety Sumarni, Sekretaris Dinas Pemdes Zulkifli, Sekretaris Dinas Pertanahan Setyanto Aji serta unsur Muspika dari 6 kecamatan tersebut. (medsi05)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved