Berita Pemkab Kutai Barat

Hadiri Pembibitan Tanaman HTI, Bupati Ingatkan Perusahaan Dukung Pemberdayaan Masyarakat

Hadir anggota DPRD Lusiana, sejumlah pejabat eslon, Kepala OPD, Kodim 0912/Kbr, Polres Kubar, Camat Barong Tongkok, Denisius, Camat Nyuatan, Lukas

Hadiri Pembibitan Tanaman HTI, Bupati Ingatkan Perusahaan Dukung Pemberdayaan Masyarakat
HUMASKAB KUBAR
Bupati Kubar FX Yapan menghadiri acara Melas Lati dan Sosialisasi Program Pembibitan Ekaliptus Dan Akasia (Tanaman HTI) PT Wahana Subur Persada di kampung Pepas Eheng, Kecamatan Barong Tongkok, Sabtu (5/10/2019). 

SENDAWAR- Bupati Kubar FX.Yapan menghadiri acara Acara Melas Lati dan Sosialisasi Program Pembibitan Ekaliptus Dan Akasia (Tanaman HTI) PT.Wahana Subur Persada, di kampung Pepas Eheng, Kecamatan Barong Tongkok, Sabtu (5/10/2019).

Hadir anggota DPRD Lusiana, sejumlah pejabat esslon dan Kepala OPD, perwakilan kodim 0912/Kbr dan Polres Kubar, camat Barong Tongkok, Denisius, camat Nyuatan Lukas, dan masyarakat.

Bupati Kubar FX.Yapan mengingatkan kepada perusahaan untuk bisa melatih dan memberdayakan tenaga lokal sehingga bisa bersaing.

"Saya berpesan kepada masyarakat mari kita berusaha jangan suka menyiakan waktu dan kesempatan, saya yakin dengan kerja keras kita mampu bersaing dan mandiri," tegasnya.

Petinggi Pepas Eheng, Nerus mengatakan ritual adat Melas Lati, adalah acara adat untuk meminta kepada penyertaan dan pertolongan Tuhan atas pembukaan hutan atau memulai kegiatan, agar nantinya alam bisa bersahabat dengan kita dan semua dapat dilancarkan dan di beri keselamatan serta kesehatan, karena dengan alam bisa menghidupkan kita.

"Saya sangat mendukung kegiatan pembukaan hutan tanaman industri di kampung Eheng ini, semoga perusahaan bisa memberi manfaat positif untuk kemakmuran warga sekitar," katanya.

Perwakilan Perusahaan PT.Wahana Subur Persada, Makmur Damanik, menjelaskan dipilihnya Kubar terutama Kampung Pepas Eheng dan sekitarnya karena memilik curah hujan dan air yang cukup baik, menilik perubahan temperatur tidak berbeda nyata antara musim penghujan dan kemarau, jadi nantinya tumbuhan akan tumbuh labih baik.

Untuk mendukung kesuksesan program HTI ini perusahaan telah menyiapkan tanaman 866 genetik baru yang sesuai untuk kategori iklim dan tanah Kaltim, dan sejumlah perijinan yang memang sudah dipersiapkan.

"Atas nama perusahaan mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, baik Pemkab Kubar, Kecamatan dan Kampung serta masyarakat. Untuk kerjasama perusahaan mengutamakan pola kerjasama dalam bentuk kemitraan, dengan pemilik lahan perusahaan, yang nantinya akan kita atur sesuai mekanisme antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat, " tandasnya. (hms36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved