Berita Pemprov Kalimantan Timur

Wagub Hadi Mulyadi Berharap Ibu Kota Negara Beri Manfaat bagi Rakyat Kaltim

Hadi Mulyadi saat wawancara khusus dengan Tim Indonesiaku Trans7 yang dipandu Fikas Tumbuan di Samarinda, Sabtu malam (5/10/2019).

Wagub Hadi Mulyadi Berharap Ibu Kota Negara Beri Manfaat bagi Rakyat Kaltim
HO / dok pribadi Hadi Mulyadi
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi selfie bareng Presiden Jokowi saat menuju Bukit Soeharto, Selasa (7/5/2019). HO / dok Pribadi Hadi Mulyadi 

SAMARINDA – Rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) baru harus dapat memberikan manfaat besar bagi peningkatan kesejahteraan rakyat Benua Etam. Kehadiran IKN tidak boleh membuat rakyat Kaltim tersingkir.

"Karena itu, sebagai kepala daerah bersama Bapak Gubernur, kami minta agar masyarakat dapat meningkatkan kualitas kemampuan, baik mental maupun pengetahuan dan keterampilan, sehingga ketika IKN sudah terbangun rakyat Kaltim betul-betul siap menerima," kata Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Hadi Mulyadi saat wawancara khusus dengan Tim Indonesiaku Trans7 yang dipandu Fikas Tumbuan di Samarinda, Sabtu malam (5/10/2019).

Kepada Tim Indonesiaku Trans7, Hadi menjelaskan Kaltim memiliki sarana dan prasarana yang terbilang lebih siap.

Ada dua bandara udara representatif di Samarinda dan Balikpapan. Demikian pula pelabuhan internasional di Balikpapan dan Jalan Tol Balikpapan – Samarinda sudah siap diresmikand akan menjadi jalur penghubung IKN dengan kota-kota penyangga.

Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur IKN, Pemprov Kaltim sepenuhnya menyerahkan kepada pemerintah pusat. Sementara daerah hanya menyiapkan lahan yang akan dibangun. Termasuk menyiapkan aspek kultur sosial masyarakat untuk mendukung proses pembangunan IKN.

"Ini tantangan besar bagi rakyat Kaltim. Karena itu, kesiapan seluruh rakyat untuk menerima kehadiran IKN betul-betul disiapkan sejak dini. Yang jelas, Pemprov tetap optimis untuk bekerja keras membantu pemerintah pusat mewujudkan kehadiran IKN di daerah ini," jelasnya. (jay/sul/ri/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved