Berita Pemkab Kutai Barat

Dekranasda Tetapkan Satu Lagi Batik Khas Kubar, Ini Motifnya

Penetapan ini sebagai upaya melestarikan kearifan lokal agar tetap terjaga dan mengangkat perekonomian masyarakat.

Dekranasda Tetapkan Satu Lagi Batik Khas Kubar, Ini Motifnya
HUMASKAB KUBAR
Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan pada rapat penetapan nama batik khas Kubar. Penetapan secara musyarawah mufakat in melibatkan Dinas Pariwisata Kubar, Lembaga Adat Kubar, Sanggar Seni Banir dan pengurus Dekranasda Kubar, Selasa (8/10/2019). 

SENDAWAR - Dekranasda Kutai Barat (Kubar) kembali menentapkan sebuah batik khas Kubar yang diinspirasi dari salah satu flora kebanggaan Kubar. Penetapan ini sebagai upaya melestarikan kearifan lokal agar tetap terjaga dan mengangkat perekonomian masyarakat.

Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mengatakan penetapan nama batik tersebut, dilakukan secara musyarawah mufakat dan melibatkan Dinas Pariwisata Kubar, Lembaga Adat Kubar, Sanggar Seni Banir dan pengurus Dekranasda Kubar.

"Batik ini rencana akan dilaunching pada 4 November 2019, di Taman Budaya Sendawar,"kata Yayuk, pada rapat penetapan nama batik khas Kubar, di Rumah Jabatan Bupati Kubar, Kompleks Perkantoran, Barong Tongkok, Rabu (2/10/2019).

Dia menambahkan launching batik Dekranasda ini yang ketiga.

Sebelumnya telah melaunching Batik Tumang (Tumpar dan Anggrek) dan Batik Moring (Monaaq Ringeng).

Adapun nama batik ini memiliki makna terdiri, anggrek hitam melambangkan keindahan alam Kubar dan Kelangit merupakan tumbuhan yang saling mengait yang menjaga bunga anggrek hitam.

"Kalau ditarik kesimpulan nama batik ini adalah rasa persatuan dan persaudaraan masyarakat Kubar yang saling bersatu padu, menjaga keindahan alam Kubar,"jelasnya.

Dalam konteks pariwisata, batik ini nantinya juga bisa dijadikan sebagai souvenir bagi wisatawan lokal, luar maupun manca negara yang berkunjung ke Kubar. "Oleh karenanya, mari berkunjung ke Kubar,"imbaunya. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved