Berita Pemkab Kutai Barat

Dialog Warga di Kecamatan Penyinggahan, Bupati Kubar Janji Fasilitasi Kebutuhan Listrik Desa

Bupati FX Yapan SH Tumenggung Singa Praja bersama Wakil Bupati Edyanto Arkan SE, dan anggota DPRD Kubar menggelar dialog

Dialog Warga di Kecamatan Penyinggahan, Bupati Kubar Janji Fasilitasi Kebutuhan Listrik Desa
HUMASKAB KUBAR
Bupati FX Yapan SH Tumenggung Singa Praja bersama Wakil Bupati Edyanto Arkan SE, dan anggota DPRD Kubar melakukan kunjungan kerja dan peninjauan pembangunan Pemkab Kubar di Kampung Loa Deras, Kecamatan Penyinggahan, Senin (7/10/2019). 

SENDAWAR - Bupati FX Yapan SH Tumenggung Singa Praja bersama Wakil Bupati Edyanto Arkan SE, dan anggota DPRD Kubar menggelar dialog terbuka dengan masyarakat di Gedung Bulutangkis Kampung Loa Deras di sela-sela kegiatan kunjungan kerja dan peninjauan pembangunan Pemkab Kubar di Kampung Loa Deras, Kecamatan Penyinggahan, Senin (7/10/2019).

Tujuan dialog dengan masyarakat untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan prioritas masyarakat di kampung tersebut. Dalam dialog, Petinggi Kampung Loa Deras yang mewakili mayarakat menyampaikan tiga permohonan yakni listrik, pembangunan jalan tani, dan rehab gedung SDN04 Penyinggahan Kampung Loa Deras.

Turut hadir anggota DPRD Kubar dan para Kepala Dinas di lingkungan Pemkab Kubar. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati H Edyanto Arkan SE terlebih dahulu menjawab permohonan dari masyarakat, terkait kebutuhan listrik.

"Jika masyarakat ingin segera terealisasi listrik maka Pemkab akan memberikan mesin genset karena mesinnya sudah ada, namun jika harus PLN, maka Pemkab meminta masyarakat bersabar. Untuk proses perluasan jaringan memerlukan waktu dimana kita harus berkoordinasi dengan PLN," ujar Wabup.

Terlebih Kampung Loa Deras kata Wabup, masuk Kabupaten Kukar/lintas kabupaten dan jaraknya juga tidak jauh dari Kecamatan Muara Muntai. Hal tersebut tentu membuat penyambungan listrik dari Kecamatan Muara Muntai, oleh sebab itu kita perlu koordinasi terlebih dahulu dengan pihak PLN.

Wabup meminta masyarakat bisa mempertimbangkannya, jika ingin terealiasi segera maka mesin genset milik Pemkab Kubar sudah ada, dan bisa langsung digunakan. Dengan catatan pemerintahan kampung/masyarakat langsung yang mengelolanya. Di kampung tersebut juga sudah mengelola listrik desa, jadi jika diberikan pembangkit yang baru hanya meneruskan pola pengelolaan listriknya.

Sekali lagi masyarakat diharapkan mempertimbangkannya, jika sudah ada keputusan segara sampaikan agar bisa segera kita tindak lanjuti.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut Bupati menjelaskan terkait pembangunan jalan tani dan rehab gedung SD Pemkab Kubar berupaya merealisasikan pemohonan masyarakat yang bersifat sangat urgen, oleh sebab itu melalui kunjungan kerja ini pemerintah bisa melihat langsung kondisi yang ada di kampung-kampung.

"Bupati juga bertekad sebelum masa jabatannya berakhir pada tahun 2021 dirinya bersama wakil bupati mengunjungi 190 kampung tersebar di 16 kecamatan se Kubar, untuk mengetahui pembangunan apa saja yang sudah dilakukan dan yang belum," katanya.

Bupati menambahkan, apa yang disampaikan kepala kampung sudah dicatat, dan sepulang dari sini akan melakukan rapat.

"Usulan yang ada memang sangat perlu bagi pemerintah, dan selama kepemimpinannya juga sudah banyak daerah-daerah yang dialiri listrik seperti kecamatan Jempang, Siluq Ngurai, Bongan, Long Iram, kampung Benagaq dan Kelian Dalam," terang Bupati.

Berkaitan dengan jalan usaha tani, diharapkan Dinas PU bisa memetakan terlebih dahulu jalan tersebut dari Kampung Minta sampai Loa Deras. Pada 2020 dimulai pembukaan jalan dari Penyingghan sampai ke Kampung Bakung. Ssesuai target 2020-2021 Penyinggahan, Muara Pahu, Gunung Bayan dan masuk ke Kampung Tebisaq pembangunan jalan sudah tuntas.

Kita ingin mengonektivitas semua kampung yang ada di Kubar, agar jalur perekonomian lebih mudah inilah yang menjadi target utama Pemkab Kubar. Oleh sebab itu kita lakukan kunjungan kerja ke kampung-kampung. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved