Sekarang Ini, Mengurus Akte Kelahiran di Kutai Timur Bisa Dilakukan Melalui Smartphone Saja

Wabup Kasmidi Bulang yang membuka kegiatan sosialisasi program Go Digital Disdukcapil Kutim mengatakan saat ini, semua orang menggunakan ponsel

Sekarang Ini, Mengurus Akte Kelahiran di Kutai Timur Bisa Dilakukan Melalui Smartphone Saja
hellodoctor.co.za
ILUSTRASI - Pengguna Smartphone 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Di era digital seperti sekarang ini, warga semakin dimudahkan dengan beragam aplikasi, mulai dari layanan informasi, transaksi keuangan, layanan kesehatan hingga yang terbaru dari Dinas Pendudukan Catatan Sipil Kutai Timur, yakni pembuatan Akta Kelahiran.

Ya, saat ini membuat akta kelahiran tidak perlu lagi datang ke Kantor Disdukcapil Kutim yang terletak di Sangatta, ibukota kabupaten. Tapi cukup melalui smartphone.

Hal ini menjadi bagian dari program Go Digital, Disdukcapil Kutim yang diluncurkan, hari ini, Rabu (9/10/2019), di ruang Meranti, Setkab Kutai Timur.

Wakil Bupati Kutai Timur atau Wabup Kasmidi Bulang yang membuka kegiatan sosialisasi program Go Digital Disdukcapil Kutim mengatakan saat ini, semua orang menggunakan ponsel atau smartphone untuk melakukan beragam kegiatan.

Hampir semua urusan dipermudah dan bisa dilakukan dalam satu genggaman. Disdukcapil Kutim pun harus menyesuaikan diri.

“Pembuatan akte kelahiran cukup dengan menggunakan ponsel sangat inovatif.

Apalagi bagi Kutim yang daerahnya cukup luas dan memiliki 18 kecamatan.

Contoh saja, Kecamatan Sandaran, Busang atau Long Mesangat yang memerlukan waktu tempuh lebih dari empat jam untuk sampai di Sangatta. Belum lagi, biaya menginap dan lainnya.

Tentu dengan pembuatan akta kelahiran secara digital, masyarakat sangat terbantu. Warga pedalaman maupun pesisir terjauh, cukup masuk ke link Disdukcapil Kemendagri dan bisa langsung mencetak sendiri akta kelahiran yang dibutuhkan,” ungkap Kasmidi.

Sosialisasi Program Disdukcapil Go Digital juga ditandai dengan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) pada dua perwakilan anak di Kutim.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved