BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Buka Pelatihan Program Vokasional

Jadi, masih banyak kesempatan dan kami lakukan ini di seluruh Kalimantan. Nanti dari Balikpapan ke Samarinda, kemudian kota-kota yang lain.

BPJS Ketenagakerjaan Buka Pelatihan Program Vokasional
HO - BPJS Kesehatan
BPJS Ketenagakerjaan membuka Pelatihan Program Vokasional bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - BPJS Ketenagakerjaan membuka Pelatihan Program Vokasional bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Balikpapan.

Pelatihan ini diselenggarakan selama 30 hari bertempat di BLK Balikpapan, Jalan Sepinggan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Sebanyak 32 peserta mengikuti pelatihan ini.

Saat Ini Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bisa Miliki Rumah dengan Bunga Flat

BPJS Ketenagakerjaan Ajak Para Driver Transportasi Online Maxim Ikut Peserta Jaminan Sosial

Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi di Kantor Tribun Kaltim

Pada 2019 ini, Pelatihan Program Vokasional akan mendidik 1.000 orang pengangguran yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Jadi, masih banyak kesempatan dan kami lakukan ini di seluruh Kalimantan. Nanti dari Balikpapan ke Samarinda, kemudian kota-kota yang lain. Bisa saja nanti balik ke Balikpapan lagi," ujar Panji Wibisana, Direktur Deputi BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan, Rabu (9/10/2019).

Pendaftaran Program Pelatihan Vokasional dibebaskan dan terbuka untuk pekerja yang mengalami PHK, putus kontrak, atau hal lain namun sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 1 tahun.

Panji menambahkan pelaksanaan pelatihan vokasional pertama kali di Balikpapan karena Balikpapan dinilai cukup potensial sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara.
Panji menambahkan pelaksanaan pelatihan vokasional pertama kali di Balikpapan karena Balikpapan dinilai cukup potensial sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara. (HO - BPJS Ketenagakerjaan)

Panji menambahkan pelaksanaan pelatihan vokasional pertama kali di Balikpapan karena Balikpapan dinilai cukup potensial sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara.

Hal ini tentu menjadi kesempatan yang besar bagi warga Kota Balikpapan terutama bagi yang akan bekerja.

"Jadi kita akan tingkatkan terutama pada softskill dan hardskillnya. Kalau bisa putra daerah di sini mendapat kesempatan karena diri mereka, kompetensi diri yang mereka sudah miliki sendiri agar tidak kalah saing," ujar Panji.

Pelatihan ini diselenggarakan selama 30 hari bertempat di BLK Balikpapan, Jalan Sepinggan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan.
Pelatihan ini diselenggarakan selama 30 hari bertempat di BLK Balikpapan, Jalan Sepinggan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan. (HO - BPJS Ketenagakerjaan)

Sementara itu, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Suhartono mengatakan BLK sudah membuat pelatihan-pelatihan singkat berdasar skema sertifikasi nasional.

"Jadi, setelah pelatihan akan diadakan pengujian secara independen dan tentunya dilatih untuk skala nasional," ujar Suhartono.

Suhartono juga merasa tertantang dengan adanya pembekalan singkat ini.

Pada 2019 ini, Pelatihan Program Vokasional akan mendidik 1.000 orang pengangguran yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).
Pada 2019 ini, Pelatihan Program Vokasional akan mendidik 1.000 orang pengangguran yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). (HO - BPJS Ketenagakerjaan)

"BLK merasa tertantang karena dalam proses pelatihan, setelah semuanya selesai kemudian peserta bisa langsung mendapatkan sertifikasi provinsi dan dikuatkan lagi dengan sertifikasi yang skalanya nasional," kata Suhartono.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja Tirta Dewi mengimbau masyarakat harus jeli memanfaatkan peluang.

"Yang penting mau menerima perubahan dan memanfaatkan teknologi informasi. Manfaatkanlah peluang yang ada. Yakinlah kita bisa bersaing, bisa saja pengakuan dari sertifikasi BSNP tidak hanya diakui di Balikpapan namun di kota lain juga," tutur Tirta Dewi. (*)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved