Berita Pemkab Kutai Barat

11 Kwartir Ranting di Kutai Barat Ikuti GEMPITA Scout Challenge Camp

Kegiatan perkemahan GEMPITA Scout Challenge Camp 2019, nantinya akan diisi berbagai perlombaan.

11 Kwartir Ranting di Kutai Barat Ikuti GEMPITA Scout Challenge Camp
HUMASKAB KUBAR
Asisten I Pemkab Kubar Misran Effendy memukul gong tanda pembukaan GEMPITA Scout Challenge Camp 2019 dalam rangka HUT ke-58 Gerakan Pramuka di Kabupaten Kutai Barat. Sebanyak 11 Kwartir Ranting Pramuka Kubar mengikuti acara tersebut. 

SENDAWAR - Sebanyak 11 Kwartir Ranting Pramuka Kubar mengikuti GEMPITA Scout Challenge Camp 2019 dalam rangka HUT ke-58 Gerakan Pramuka di Kabupaten Kutai Barat.

Kwartir ranting yang mengikuti Bongan, Jempang, Muara Lawa, Bentian Besar, Mook Manaar Bulatn, Melak, Sekolaq Darat, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Tering dan Long Iram.

Acara berlangsung di Taman Budaya Sendawarr (TBS) Kecamatan Barong Tongkok, dan dibuka Asisten 1 Setkab Kubar Misran Effendy, Rabu (9/10) sore. Menurut Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kubar Yacobus Yamon, Pramuka di Kubar sudah berkembang cukup pesat di hampir setiap sekolah atau gugus depan.

Kegiatan perkemahan GEMPITA Scout Challenge Camp 2019, nantinya akan diisi berbagai perlombaan.

Tujuannya untuk melatih mental anggota Pramuka Kubar. Perkemahan berlangsung selama 4 hari, mulai 9 Oktober 2019 dibuka oleh Asisten 1 Setkab Kubar Misran Effendy mewakili Bupati Kubar FX Yapan. Pembukaan diawali parade 11 kwartir ranting, dilanjutkan pemukulan gong dan pemberian penghargaan kepada patriot lingkungan dan dewan juri.

Dalam sambutan Bupati Kubar yang dibacakan Asisten 1 berharap melalui kegiatan ini menjadi momentum bagi gerakan Pramuka Kwarcab Kubar lebih baik demi menjadikan generasi muda yang lebih berkualitas. Pramuka adalah sebagai wadah pendidikan pembentukan karakter bangsa untuk menjaga keutuhan NKRI, secara khusus sebagai agen pembangunan daerah masa mendatang.

"Pramuka merupakan gerakan kebangkitan dan komitmen 'Praja Muda' untuk ambil bagian dalam misi pembangunan dan kemanusiaan. Dasa Dharma Pramuka mengajarkan keterampilan, kedisiplinan, solidaritas, integritas dan tanggung jawab yang harus dipegang teguh insan Pramuka," tuturnya.

Gerakan Pramuka menjadi pilihan utama remaja dan siswa sekolah, dan bagi generasi muda dalam beraktivitas. Dalam kerja besar demi bangsa dan negara. Gerakan Pramuka akan menjadi jawaban untuk menekan situasi yang memprihatinkan kaum muda saat ini yang akrab dengan kekerasan, kriminalitas, seks bebas, narkoba, dan lain-lain penyakit sosial, yang menjadi ancaman yang nyata dan merapuhkan kedaulatan bangsa Indonesia.

Selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Barat, Bupati berpesan agar kiranya Pramuka dapat meningkatkan pengabdiannya ditengah-tengah pembangunan yang sedang kita laksanakan. (hms36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved