Berita Pemkab Mahakam Ulu

Kuatkan Nilai Agama Katolik, Pemkab Dukung Pembangunan SMAK di Mahulu

Rombongan Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto, MSF serta Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Katolik Kanwil Kemenag Kaltim Longginus,S.S

Kuatkan Nilai Agama Katolik, Pemkab Dukung Pembangunan SMAK di Mahulu
HUMASKAB MAHULU
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh 

UJOH BILANG - Dalam rangka membentuk peserta didik yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama Katolik, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim menggelar Rapat Pembahasan Rencana Pendirian Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) di Kabupaten Mahakam Ulu.

Rapat berlangsung di Aula Paroki St. Petrus Ujoh Bilang, Selasa (8/10/2019) Malam.

Rombongan Uskup Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto, MSF serta Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Katolik Kanwil Kemenag Kaltim Longginus,S.S disambut hangat oleh jajaran Pejabat Pemkab Mahulu.
Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH mengatakan, pemerintah sangat mendukung dengan rencana akan didirikannya SMAK di Mahulu.

"Melihat kondisi di Mahulu ini bahwa mayoritasnya adalah umat Katolik, dan belajar dari pengalaman saya dahulu mengenyam pendidikan sewaktu SMPK di Tering. Saya merasakan manfaat yang begitu besar, dan sangat setuju dengan konsep mengutamakan kedisiplinan pendidikan dan penguatan keagamaan sangat bagus,"ungkap Bupati.

Sebagai tindak lanjut dari rapat tersebut,Bupati minta agar membentuk Tim Inisiasi pembangunan SMAK, dan merumuskan rencana-rencana seperti desain, luas lahan, lokasi dan sebagainya.

"Kita harus bentuk tim gabungan, untuk merumuskan kegiatan kedepan supaya yang dibutuhkan secara administrasi payung hukum dan sebagainya dapat dipersiapkan"jelas Bupati.

Sejalan dengan itu, Wabup Drs. Y Juan Jenau menuturkan pendirian SMAK juga harus disertai dengan Asrama, dan berharap bukan hanya SMAK saja namun juga Sekolah Dasar dan Sekolah Menengan Pertama.

"Dengan adanya asrama pendidikan menjadi terintegrasi, ada pendidikan khusus yang memang membina selain pendidikan intelektualnya kemudian iman nya juga harus berkembang disitu,"jelas Wabup.

Pembimbing Masyarakat Katolik Kanwil Kemenag Kaltim Longginus, S.S menjelaskan, tujuan untuk membentuk peserta didik dalam penguatan iman, dan pelajaran SMAK bukan hanya terfokus pada mata pelajaran keagamaan saja, tapi juga pelajaran umum.

"Ke depan kami akan membentuk tim Inisiasi dalam proses perencanaan pembangunan SMAK di Mahulu ini,"tutupnya.

Turut hadir Sekda Drs. Yohanes Avun, M.Si, Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Drs. Lilik Yohanes Peng,M.AP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Veridiana Hendoq, S.Pd, Penyelenggara Pendidikan Katolik Kemenag Mahulu Agustinus Lawing A.Ma.P.d, Vikaris Episkopalis Mahulu Pastor Ignasius Ding Jenau, Pr, Sekretaris Keuskupan Agung Samarinda Pastor Wilfridus Samdirgawijaya, Pr serta Pastor Rekan Paroki St. Petrus Ujoh Bilang RD. Gregorius Verensius Era, Pr.(Hms11)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved