Berita Pemkab Kutai Barat

Museum Etnografi Sendawar Ajak Anak-anak Mengenal Budaya

Anak-anak diberi kesempatan berkeliling musem dan mempelajari benda-benda pusaka peninggalan budaya yang harus dilestarikan

Museum Etnografi Sendawar Ajak Anak-anak Mengenal Budaya
HUMASKAB KUBAR
Sejumlah murid SD yang merupakan perwakilan dari sekolah di Kecamatan Barong Tongkok, Melak, Sekolaq Darat dan Linggang Bigung berfoto bersama di depan Museum Etnografi Sendawar, Kamis (10/10/2019). 

SENDAWAR - Ada pemandangan berbeda pada Kamis (10/10) di UPT Museum Etnografi Sendawar. Sejumlah murid-murid SD yang merupakan perwakilan dari sekolah di Kecamatan Barong Tongkok, Melak, Sekolaq Darat dan Linggang Bigung mengunjungi Museum Etnografi. Anak-anak diajak mengenal budaya lewat museum.

Dalam kegiatan dihadiri dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat. Anak-anak diberi kesempatan berkeliling musem dan mempelajari benda-benda pusaka peninggalan budaya yang harus dilestarikan. mereka diberi kesempatan bertanya sesuai jelajah museum tersebut.

Bupati Kutai Barat dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Yacob Tullur menjelaskan, memahami arti penting dari budaya, maka Pemkab Kutai Barat melalui UPT Museum Etnografi menyelenggarakan kegiatan ini.

"Diharapkan dapat mendorong kaum muda mengenal apa saja yang menjadi kebanggaan budaya khas Kutai Barat. Selanjutnya, dengan adanya fasilitas museum saya berharap terlaksananya pendidikan dan pengenalan budaya asli Kutai Barat, baik itu melalui barang-barang antik, edukasi sejarah dan hal lainnya yang terdapat dalam museum," jelasnya.

Bupati berharap kegiatan dapat mendorong keinginan masyarakat terutama generasi muda secara luas menambah wawasan tentang sejarah dan budaya Kutai Barat dengan berkunjung ke museum.

"Bersama kita sukseskan peningkatan kualitas SDM generasi muda Kutai Barat dengan turut meningkatkan dan pemerataan fasilitas pendidikan baik formal maupun informal seperti yang tertuang dalam misi pemerintah periode 2016-2021," kata Bupati.

Kepala UPT Museum Etnografi Sendawar Hapida Syafarini mengungkapkan kegiatan ini merupakan program pusat. Kegiatan ini juga merupakan bimbingan edukatif kultural dan menginfokan khalayak ramai sebagai bentuk pelayanan publik dan lebih mengenalkan keberadaan museum kita di Kutai Barat.

Salah satu murid kelas 5 SDN 001 Barong Tongkok, Marcello Josua Christoper Sahadi mengaku senang karena hari ini bisa belajar sambil bermain dan mengenal barang-barang antik, alat olahraga tradisional dan warisan budaya di Kutai Barat lainnya. Semoga acara ini diadakan lagi, saya dan teman-teman menyukainya karena seru," katanya. (HMS11)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved