November Ini, RSU Kota Tarakan Berharap Mendapatkan Akreditasi dari KARS

Karena berkaitan dengan pelayanan rumah sakit kepada pasien, saran dan prasarana rumah sakit, serta melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan

November Ini, RSU Kota Tarakan Berharap Mendapatkan Akreditasi dari KARS
TRIBUN KALTIM/JUNISAH
ILUSTRASI Gedung RSUD Tarakan Kalimantan Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tarakan yang berada di Jalan Aki Babu Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara.

Saat ini sudah 80 persen melengkapi dokumen untuk mendapatkan akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Direktur Umum (Dirut) RSU Kota Tarakan Joko Haryanto, mengungkapkan, akreditasi ini sangat penting dimiliki RSU Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Karena berkaitan dengan pelayanan rumah sakit kepada pasien, saran dan prasarana rumah sakit, serta melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Karena kalau tidak ada akreditasi dari KARS, RSU Kota Tarakan, akan sulit bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.Sebab salah satu syarat kerjasama BPJS Kesehatan rumah sakit itu harus memiliki akreditasi dari KARS," ucapnya, Jumat (11/10/2019).

Menurut Joko, selama RSU Kota Tarakan beroperasional, pasien yang melakukan pengobatan di poli rumah sakit harus membayar dengan uang tunai.

"Tapi kalau kondisi pasien dalam keadaan emergency dan dilakukan pengobatan di unit gawat darurat (UGD) boleh menggunakan BPJS Kesehatan. Misalnya tiba-tiba sakit perut yang sangat perih, itu boleh pakai BPJS Kesehatan. Jadi dilihat dulu kondisi pasien apakah darurat atau tidak," ucapnya.

Joko mengatakan, untuk mendapatkan akreditasi dari KARS, pihaknya tidak hanya melengkapi dokumen saja, tapi juga harus melengkapai sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas kesehatan.

"Alhamdulilah untuk saat ini kita sudah memiliki dokter spesialis penyakit dalam, bedah dan kandungan.Bahkan SDM yang kita miliki telah mengikuti beberapa pelatihan dan bimbingan teknis," ujarnya.

Joko berharap November ini, RSU Kota Tarakan mendapatkan akreditasi dari KARS. Pihaknya menginginkan mendapatkan akreditasi madya.

Halaman
1234
Penulis: Junisah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved