RSJ Atma Husada Mahakam Samarinda Keluhkan Tidak Ada Tempat Rehabilitasi

Disampaikan olehnya, ada di Provinsi Kaltim. Kedepannya, ia berharap, tempat rehabilitasi itu diadakan.

RSJ Atma Husada Mahakam Samarinda Keluhkan Tidak Ada Tempat Rehabilitasi
tribunkaltim.co/Christoper D
Kondisi 19 pasien RSJ Atma Husada Mahakam menggunakan hak pilihnya, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sebagai Rumah Sakit Jiwa (RSJ) satu-satunya di Kalimantan Timur, RSJ Atma Husada Mahakam (AHM) Samarinda memerlukan pendamping, yakni berupa tempat rehabilitasi bagi mantan pasien dengan penyakit jiwa.

Namun, sampai saat ini RSJ AHM Samarinda bekerja sendiri tanpa pendamping.

Direktu RSJ AHM Samarinda, dr Padilah Mante Runa mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya tidak mendapatkan bantuan dari tempat rehabilitasi khusus untuk gangguan kejiwaan.

Sebab, tidak satupu tempat rehabilitasi tersebut. Disampaikan olehnya, ada di Provinsi Kaltim. Kedepannya, ia berharap, tempat rehabilitasi itu diadakan.

“Saya mengharapkan, kepada Pak Gubernur untuk dapat menyisihkan dana untuk membantu, apabila ada proposal yang masuk untuk membentuk dan membangun tempat rehabilitasi khusus gangguan kejiwaan di wilayah Kaltim,” ujarnya saat diwawancara awak Tribunkaltim.co, pada Jumat (11/10/2019), siang, di RSJ AHM Samarinda.

Sangat penting adanya, dikatakan Padilah, keberadaan tempat rehabilitasi ini.

Sebab, apabila ada mantan pasien di darrah-darrah yang memerlukan perawatan cepat dapat langsung mengakses tempat rehabilitasi tersebut.

Sehingga, pemilik penyakit gangguan kejiwaan tidak langsung dimasukan ke RSJ.

“Jadi, pasien dibdaerah-daerah itu langsung bisa mengakses tempat rehabilitasi itu. Kalau mau ke RSJ AHM Samarinda kan jaraknya jauh, kalau ada pasien di darah di luar Samarinda.

Kalau ada tempat rehabilitasi itu, maka pekerjaan kami akan sangat terbantu. Dan pelayanan kesehatan jiwa di darrah pun semakin baik,” katanya.

Halaman
1234
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved