Berita Pemkab Mahakam Ulu

Bupati Minta DKP2KB Segera Sosialisasikan Kartu Mahulu Sehat

Dari sosialisasi itu nantinya masyarakat bisa segera mendapatakan layanan jaminan kesehatan dari Kartu Mahulu Sehat.

Bupati Minta DKP2KB Segera Sosialisasikan Kartu Mahulu Sehat
HUMASKAB MAHULU
Bonifasius Belawan Geh, Bupati Mahulu 

UJOH BILANG - Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH menginstruksikan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) segera melakukan sosialisasi di lima kecamatan dan 50 kampung.

Selain itu, pendataan ulang kepesertaan jaminan kesehatan nasional juga harus segera dilakukan. Bupati berharap, warga Mahulu harus bisa mengakses manfaat Kartu Mahulu Sehat.

"Untuk itu dibutuhkan sinergi dan komunikasi yang baik seluruh lini, agar masyarakat dapat mengetahui pentingnya registrasi dan program Kartu Mahulu Sehat," kata Bupati.

Hal ini ditegaskan Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH dalam acara Sosialisasi Kartu Mahulu Sehat dan Pendataan Ulang Kepesertaan Program JKN-KIS, di BPU kampung Ujoh Bilang, Rabu (9/10/2019).

Menanggapi arahan Bupati, Kadis KP2KB Mahulu drg Agustinus Teguh Santoso, M.Adm.Kes, mengungkapkan dalam waktu dekat pihaknya akan segera mendatangi kecamatan dan Puskesmas di seluruh wilayah Mahulu.

"Saya sudah instrusikan kepala Puskesmas untuk segera mengadakan pertemuan lintas sektoral. Yang diundang Camat, Petinggi Kampung dan petugas Pustu (Puskesmas Pembantu) nantinya dalam kesempatan itu pihak Kabupaten akan datang bersosialisasi," jelas drg Agustinus.

Dari sosialisasi itu nantinya masyarakat bisa segera mendapatakan layanan jaminan kesehatan dari Kartu Mahulu Sehat.

Produk kebijakan Pemkab Mahulu itu juga bersinergi dengan program pemerintah pusat berupa Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Program ini menekankan pada pendataan ulang kepersertaan masyarakat untuk mendapatakan bantuan finansial dari pemerintah sehingga mengurangi beban masyarakat saat berobat.

Agustinus juga mengharapkan masyarakat dapat meluangkan waktu mendatangi kantor kecamatan, Puskesmas, Pustu atau Puskesmas Apung untuk mendaftar ulang. Peran serta masyarakat sebagai wujud kepedulian masyarakat membantu program ini tepat sasaran dan tepat bermanfaat.

"Program ini adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat, dan sudah kurang lebih lima tahun merasakan manfaat jaminan kesehatan, dimohon kesadaran masyarakat dalam pendataan ulang," harapnya. (HMS11/td)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved