Berita Pemkab Kutai Barat

Buka Sosialisasi Aplikasi BUMDes, Wabup Kukar Ingatkan untuk Tingkatkan Kesejahteraan Desa

Badan usaha milik desa (BUMDes) menjadi pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial.

Buka Sosialisasi Aplikasi BUMDes, Wabup Kukar Ingatkan untuk Tingkatkan Kesejahteraan Desa
HUMASKAB KUBAR
Wabup Kubar Edyanto Arkan menyalami peserta Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi (SIA) BUMDes Kubar usai membuka acara tersebut, di Gedung BPU Tanaa Purai Ngeriman, Barong Tongkok, Kamis (17/10/2019). 

SENDAWAR- Badan usaha milik desa (BUMDes) menjadi pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial.

"Pendirian BUMDes diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat,"kata Wabup Kubar Edyanto Arkan, saat membuka sosialisasi aplikasi sistem informasi (SIA) BUMDes Kubar, di Gedung BPU Tanaa Purai Ngeriman, Barong Tongkok, Kamis (17/10/2019).

Menurutnya, sebagai lembaga sosial, BUMDes harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya di dalam penyediaan pelayanan sosial.

"Artinya, aktivitas BUMDes tidak hanya berbicara soal bisnis, tetapi juga mempertimbangkan semua potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat setempat,"terangnya.

Aplikasi SIA BUMDes ini memberikan kemudahan bagi BUMDes dalam menyusun laporan keuangan yang andal. Hal ini sebagai perwujudan misi ke-3 Pemkab Kubar periode 2016-2021.

Yakni, reformasi tata kelola pemerintahan dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan pelayanan publik yang semakin cepat, mudah dan murah.

"Suksesnya tujuan positif tersebut dibutuhkan dukungan seluruh pihak terkait. Seperti camat, kepala kampung, pemerintah daerah dan DPMPK Kubar,"ujarnya.

Kepala DPMPK Kubar Faustinus Syadirahman menyampaikan dari segi kualitas, dari 190 kampung se-Kubar terdiri 182 kampung sudah memiliki badan usaha milik kampung (BUMKAM). Sedangkan, 8 kampung lagi terus didorong untuk segera membentuk BUMKAM sesuai dengan potensi wilayahnya masing-masing.

Diketahui BUMDes atau di Kubar disebut BUMKAM merupakan badan usaha berbadan hukum yang dikelola pemerintah oleh pemerintah kampung.

"Fokus BUMKAM adalah keuntungan yang nantinya digunakan untuk sebesar-besarnya kemanfaatan kampung dan kesejahteraan masyarakat kampung,"jelasnya.

Berdasarkan sejarahnya BUMKAM atau BUMDes sudah ada sebelum Undang-Undang (UU) Desa. Yaitu, UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Paska UU tersebut kedudukan BUMKAM menjadi semakin strategis. Bahkan BUMKAM menjadi program prioritas Kementerian Desa pada 2017.

"Tujuannya adalah mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, mengentaskan kemiskinan yang pada akhirnya memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan dan kemandirian masyarakat,"terangnya. (hms6)

Tags
BUMDes
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved