Susunan Acara Pelantikan Presiden Jokowi, Jusuf Kalla dan Maruf Amin Bakal Lakukan Prosesi Ini

Susunan acara pelantikan Presiden Jokowi, Jusuf Kalla dan Maruf Amin bakal lakukan prosesi ini di MPR RI.

Susunan Acara Pelantikan Presiden Jokowi, Jusuf Kalla dan Maruf Amin Bakal Lakukan Prosesi Ini
(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Presiden terpilih KH Maruf Amin (kanan) sebelum melakukan pertemuan di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Dalam pertemuan itu, Wapres Jusuf Kalla memberikan informasi mengenai tugas, fasilitas serta masalah-masalah yang harus diselesaikan sebagai Wakil Presiden kepada KH Maruf Amin yang akan menjabat mulai 20 Oktober 2019 mendatang. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj. 

TRIBUNKALTIM.CO - Susunan acara pelantikan Presiden Jokowi, Jusuf Kalla dan Maruf Amin bakal lakukan prosesi ini di MPR RI.

Sekretaris Jenderal MPR RI Maruf Cahyono mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 20 Oktober 2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jum'at (18/10/2019).

Maruf Cahyono mengatakan, acara pelantikan dipastikan digelar pada pukul 14.30 WIB.

 Catat Tahapan Pendaftaran CPNS 2019, Mulai Oktober Ini, BKN Siapkan 197.111 Ribu Formasi

 Sulit Klarifikasi, UIN Suska Riau Laporkan Ustadz Abdul Somad, Sohib Prabowo ke Kementrian Agama

 Setelah Pukul Anggota TNI Yonzipur Hingga Berdarah, Preman Tantang Polisi Tembak Kepalanya

"Prinsipnya secara general sebagai unsur pendukung, telah mempersiapkan pelaksanaan sidang paripurna MPR RI akan kita laksanakan tanggal 20 Oktober jamnya 14.30, 14.30 itu sudah mulai sidang," kata Maruf di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jum'at (18/10/2019).

Berdasarkan jadwal yang diterima Kompas.com, Sidang Paripurna MPR RI dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilu 2019 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pukul 14.30 WIB.

Kemudian, Ketua MPR Bambang Soesatyo memimpin untuk mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan membuka Sidang Paripurna.

Pimpinan MPR membacakan keputusan KPU RI dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden serta penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Acara dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk wakil presiden dari Jusuf Kalla ke Maruf Amin.

Lalu, Presiden Jokowi akan membacakan pidato sebagai presiden periode 2019-2024.

Usai Presiden membacakan Pidato, Ketua MPR kembali melanjutkan sidang paripurna dan diakhiri dengan pembacaan doa sebelum sidang resmi ditutup.

Halaman
1234
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved