BPJS Kesehatan

Tenaga Honorer Dapat Jaminan Kesehatan Juga lho!

Sementara tenaga honorer di salah satu kelurahan di Kota Balikpapan, Ika Ramayani menyebutkan dirinya merasa terbantu

Tenaga Honorer Dapat Jaminan Kesehatan Juga lho!
HO - BPJS Kesehatan
JKN-KISyang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baik itu yang berprofesi sebagai wiraswasta, pekerja swasta maupun pekerja dari instansi pemerintah.

Begitu pula jaminan kesehatan yang diberikan kepada pekerja yang berasal dari instansi pemerintah yang berstatus bukan pegawai negeri sipil atau yang biasa disebut Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan Sugiyanto menyebutkan pihaknya memberikan informasi ketentuan mengenai jaminan kesehatan bagi pekerja non pns yang bekerja di instansi pemerintahan.

Bersyukur Kita Punya Program JKN-KIS

Mau Daftar JKN-KIS dengan Mudah? Lewat MCS Aja!

MCS BPJS Kesehatan Menjadi Pilihan Herman, Lebih Cepat, Lebih Mudah

Dengan Iuran BPJS Kesehatan Rp 80.000, Diahayu Bisa Operasi Berbiaya Rp 80 Juta

"Pada Peraturan Presiden nomor 82 tahun 2018 disebutkan bahwa pemberi kerja wajib memberikan jaminan kesehatan bagi pekerjanya, baik itu pekerja tetap maupun pekerja kontrak. Maka dari itu perlu kami sampaikan bahwa tenaga honorer di setiap instansi pemerintah wajib didaftarkan kedalam program JKN-KIS, untuk proses pendaftaran maupun cara pembayarannya iurannya seperti apa, berikutnya kami aja jelaskan," ujar Sugiyanto.

Bagi peserta dari segmen PPNPN, jumlah iuran yang dibayarkan adalah 5 persen dari penghasilannya.

Jumlah tersebut dibayarkan 3 persen oleh instansi dan 2 persen dibayarkan oleh peserta.

Iuran tersebut sudah termasuk untuk peserta, istri maupun suami dan 3 anak.

Sementara tenaga honorer di salah satu kelurahan di Kota Balikpapan, Ika Ramayani menyebutkan dirinya merasa terbantu dengan adanya kegiatan pemberian informasi ini.

"Saya sebagai tenaga honorer di kelurahan merasa bersyukur karena alhamdulillah sudah punya kartu JKN-KIS dan bermanfaat bagi saya dan keluarga. Anak saya juga sudah beberapa kali pakai ini untuk berobat. Selain itu juga banyak masyarakat yang sering menanyakan mengenai BPJS Kesehatan ke kantor kelurahan. Dengan kegiatan ini, saya jadi lebih tahu untuk memberikan informasi kepada masyarakat," kata Ika.

Sebagai informasi, untuk di wilayah kerja kantor BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan jumlah peserta yang berstatus sebagai Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri mencapai 20.989 peserta, yang terdiri dari 12.561 peserta dari Kota Balikpapan, 715 peserta dari Kabupaten Penajam Paser Utara, 988 peserta dari Kabupaten Paser dan 6.725 dari Kabupaten Berau. (*)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved