Indra Setiawan Penentu Kemenangan Persiba atas Mitra Kukar pada Laga Terakhir Liga 2 2019

Indra Setiawan Penentu Kemenangan Persiba atas Mitra Kukar pada Laga Terakhir Liga 2 2019.

Indra Setiawan Penentu Kemenangan Persiba atas Mitra Kukar pada Laga Terakhir Liga 2 2019
TRIBUN KALTIM / NEVRIANTO HP
Indra Kurniawan, pemain Persiba, menjadi penentu kemenangan saat Persiba menghadapi Mitra Kukar. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Persiba Balikpapan berhasil finis di peringkat 6 klasemen Liga 2 wilayah timur dengan poin akhir 27, usai mengalahkan Mitra Kukar pada laga Derby Kaltim, Senin (21/10/2019). Bermain di Stadion Rondong Demang, Kukar, Persiba menang 2-1. Sementara bagi Mitra Kukar, meski kalah, namun skuad Naga Mekes tetap melangkah ke babak delapan besar karena finis di peringkat empat klasemen akhir dengan poin 30.

Mitra Kukar menjadi tim terakhir yang mewakili wilayah timur di babak delapan besar. Tiga tim lainnya adalah Persik Kediri, Persewar Waropen, dan Martapura FC.

Indra Setiawan menjadi penentu kemenangan Persiba setelah mencetak gol di masa injury time. Sementara satu gol Persiba lainnya dicetak Aji Kusuma menit 42. Sedangkan gol Mitra Kukar dicetak M Rafly Mursalim menit 77 lewat titik putih.

Pelatih Persiba Satia Bagdja mengakui anak asuhnya bermain tanpa beban. "Ya dua gol itu karena kita bisa memanfaatkan kesalahan pemain Mitra Kukar," ujar Satia Bagdja saat konfrensi pers, Senin (21/10/2019).

Satia sangat mengapresiasi permainan skuad Beruang Madu. Meskipun laga tersebut tak berpengaruh sama sekali bagi timnya, namun pemain Persiba sangat menjunjung tinggi profesionalisme. "Mereka tetap bermain sepenuh hati. Pertandingan tadi sangat menarik. Kita bermain bagus," kata mantan pelatih timnas wanita Indonesia itu.

Sementara itu asisten pelatih Mitra Kukar Asep Suryadi usai laga mengatakan, pemainnya kehilangan ritme bermain usai tertinggal 1 gol dibabak pertama. "Selamat untuk Persiba. Babak kedua kita kehilangan ritme bermain. Mereka bisa kuasai pertandingan di babak kedua. Padahal kita sempat menyamakan kedudukan. Namun gol kedua mereka, pemain kita kehilangan konsentrasi dan fisik pemain kita juga menurun,” seru Asep.

Meski kalah, Mitra Kukar tetap lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019. Tentu kekalahan di kandang sore ini menurut Asep banyak hal yang perlu dievaluasi, karena modal saat ini dirasa belum cukup.

Dengan waktu terbilang singkat yaitu selama 1 minggu, Asep tegaskan timnya akan mengevaluasi semua lini. "Kita ada waktu 1 minggu dan akan evaluasi semua lini, tidak hanya belakang. Semua lini tidak bermain dengan baik. Pemin inti juga tidak main. Jadi akan dievaluasi dalam waktu 1 minggu ini," jelasnya.

Sementara salah seorang punggawa senior Naga Mekes, Arif Suyono dalam kesempatan sama mengungkapkan timnya sempat menguasai laga, namun kehilangan konsentrasi membuat permainan buyar dan kecolongan hingga 2 gol.

"Awal kita lumayan menguasai hingga menit 20. Tapi ritme kita perlahan menurun. Kita kecolongan di gol pertama. Walau sempat balas, tapi tidak bisa mengejar. Keuntungan Persiba dan evaluasi untuk kita," ucapnya.

Dengan berakhirnya pertandingan ini, maka kompetisi Liga 2 2019 pun berakhir. Mitra Kukar fokus mempersiapkan tim menghadapi babak delapan besar Liga 2, sedangkan Persiba akan meliburkan pemainnya mulai hari ini. Dan menurut rencana, pada Februari 2020 mendatang Persiba mulai membentuk tim yang dipersiapkan untuk Liga 2 2020.

Satia pun mengaku belum melakukan komunikasi dengan manajemen terkait pembentukan tim tahun depan. Akan tetapi Satia sudah mempunyai nama-nama pemain yang dipertahankan musim depan. "Belum ada komunikasi dengan manajamen. Tapi kemungkinan ada sekitar 30 persen yang saya pertahankan musim depan," katanya.(fdl/m03)

Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved