PLN UIP Kalbagtim

PLN UIP Kalbagtim Bangun Infrastruktur Ketenagalistrikan Gardu Induk 150kV New di Balikpapan

meningkatkan keandalan sistem kelistrikan yang melayani Kota Balikpapan, termasuk wilayah Kecamatan Balikpapan Selatan yang akan tersuplai daya secara

PLN UIP Kalbagtim Bangun Infrastruktur Ketenagalistrikan Gardu Induk 150kV New di Balikpapan
HO - PLN UIP Kalbagtim
Untuk menjaga kehandalan sistem kelistrikan, maka diperlukan adanya gardu induk untuk memecah beban feeder, dan pada hari ini dapat dilakukan dengan aman dan lancar energize (pemberian beban pertama dengan tegangan 150kV) untuk GI 150kV New Balikpapan dengan kapasitas 60 MVA. 

TRIBUNKALTIM.CO - Balikpapan hari ini punya harapan baru untuk menjadi handal, dengan cara penyelesaian pekerjaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yaitu Gardu Induk (GI) 150kV New Balikpapan yang berada di kawasan RT 48 Kelurahan Sepinggan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Energize dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2019 kemarin.

Adanya GI 150kV New Balikpapan yang dibangun oleh PLN UIP Kalbagtim melalui UPP Kalbagtim 1 yang menjadi pelaksana pembangunan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan yang melayani Kota Balikpapan, termasuk wilayah Kecamatan Balikpapan Selatan yang akan tersuplai daya secara langsung.

Sehingga dari 3 (tiga) gardu induk yang sudah ada sebelumnya yaitu GI Industri, GI Manggar dan GI Karang Joang dapat lebih handal dalam menyuplai kebutuhan daya.

Untuk menjaga kehandalan sistem kelistrikan, maka diperlukan adanya gardu induk untuk memecah beban feeder, dan pada hari ini dapat dilakukan dengan aman dan lancar energize (pemberian beban pertama dengan tegangan 150kV) untuk GI 150kV New Balikpapan dengan kapasitas 60 MVA.

Nantinya GI 150kV New Balikpapan selain mendapatkan daya dari SUTT 150kV GI Manggarsari – GI Industri, maka akan mendapatkan daya dari jaringan transmisi SUTT 150kV PLTU Kaltim – GI New Balikpapan yang saat ini masih dalam tahap konstruksi dengan target penyelesaian di Desember 2020.

“Jika apa yang direncanakan berjalan dengan baik, maka tidak terjadi lagi pemadaman selain karena adanya gangguan yg tidak diharapkan, karena nantinya telah tersedianya sistem kelistrikan yang handal. PLN akan selalu berupaya untuk memberikan dan mencukupi kebutuhan tenaga listrik masyarakat khususnya di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara,” kata Ramadhansyah, General Manager PLN UIP Kalbagtim.

Energize GI 150kV New Balikpapan ini dapat berjalan lancar karena adanya kerjasama dengan baik seluruh elemen, seperti PT Hasta Karya Perdana sebagai kontraktor, tokoh masyarakat setempat yaitu Ketua RT 48, Lurah Sepinggan Baru, Camat Balikpapan Selatan, hingga Pemerintah Kota Balikpapan serta masyarakat sekitar lokasi GI 150kV New Balikpapan dan SUTT 150kV GI New Balikpapan – Incomer 2phi yang telah mendukung adanya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

"Selanjutnya saat ini sedang dilakukan beberapa finishing pada Gardu Induk seperti pekerjaan pagar keliling dan dinding penahan tanah, dengan begitu kami masih mengharapkan dukungan positif agar segera terealisasi sistem kelistrikan yang handal untuk Kota Balikpapan," ucap Ramadhansyah. (*)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved