Pemkot Gelar Rapat Tentukan UMK Balikpapan, Prediksi Besaran Gaji yang Berlaku dan UMP Daerah Lain

Pemkot Gelar Rapat Tentukan UMK Balikpapan, Ini Prediksi Besaran Gaji yang Berlaku, UMP Daerah Lain

Pemkot Gelar Rapat Tentukan UMK Balikpapan, Prediksi Besaran Gaji yang Berlaku dan UMP Daerah Lain
Kolase Tribunkaltim.co
Pemkot Gelar Rapat Tentukan UMK Balikpapan, Ini Prediksi Besaran Gaji yang Berlaku, UMP Daerah Lain selain Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Menjelang akhir tahun Pemerintah Kota Balikpapan akan menggelar rapat membahas besaran Upah Minimum Kota ( UMK ) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Selasa (22/10/2019).

Rapat pembahasan tersebut akan melibatkan Apindo, serikat pekerja, dewan pengupahan serta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan (Dinaker) serta BAPPEDA.

Rencananya rapat akan digelar besok pada Rabu (23/10/2019), Demikian disampaikan Kepala Disnaker Balikpapan Tirta Dewi melalui pesan singkat Whatsapp.

Sementara itu, Niswaty Kabid Hubungan Industrial Disnaker Balikpapan mengatakan, BAPPEDA dan BPS ikut masuk dalam pembahasan. Rencanan rapat pertama pembahasan besaran UMK dilaksanakan hari Rabu (23/10/2019).

"Rapat UMK sudah beberapa bulan sebelumnya. Rabu ini (besok, red) menghitung besaran UMK sudah ada formulanya rumusnya di Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78. Menghitung formula UMK," kata Niswaty.

Saat ditanya kira-kira ada kenaikan? Wanita berhijab ini memastikan ada mengacu inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Apindo lagi a lot, karena penerapannya masih berapa persen. Apindo ingin bikin klasterisasi. Hal ini harus dikaji dulu, karena aspirasi Apindo. Angka untuk UMK sudah ada," katanya.

Niswaty menerangkan, Dewan Pengupahan tidak bisa menyampaikan dulu menunggu SK (surat keputusan) dari Gubernur.

"Kami sudah hitung dan kami ajukan ke Gubernur untuk ditetapkan. Kami berupa rekomendasi saja. Tahun lalu sebesar Rp 2.888.601, tahun 2019 mudah-mudahan naik, siapa tahu mencapai Rp 3 juta," ungkap Niswaty

Disnaker Balikpapan sekarang ini masih melakukan persiapan penetapan UMK. Karena yang harus dikeluarkan lebih dulu upah minimum provinsi (UMP). Pada tanggal 1 November 2019.

"Kalau kami pada 21 November 2019. Pengalaman selama ini Desember juga baru terbit. UMK acuannya di atas UMP," ucap Niswaty.

Halaman
1234
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved