Bank Indonesia

Edukasi Pengetahuam Tentang Uang Rupiah GenBI Balikpapan Ajak Cintai Lingkungan dengan Gravity

Selanjutnya, pada hari Minggu 27 Oktober 2019, GenBI Balikpapan akan melakukan perawatan pada taman Lalu Lintas

Edukasi Pengetahuam Tentang Uang Rupiah GenBI Balikpapan Ajak Cintai Lingkungan dengan Gravity
HO - BI Balikpapan
Kegiatan bersih pantai dilakukan dengan memanfaatkan karung bekas beras dan karung goni bekas sebagai tempat penampungan sampah yang telah dikumpulkan.  

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Balikpapan yang merupakan komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia memulai rangkaian GenBI Gravity (Green Action Activity for Living and Humanity) yaitu kegiatan bersih Indonesia dan aksi cinta lingkungan disinergikan dengan edukasi pengetahuan tentang Uang Rupiah dan Belanja Bijak, Sabtu (26/10/2019).

Kegiatan diawali dengan sosialisasi CIKUR di Pasar Klandasan dan melalukan kampanye cinta lingkungan dan belanja bijak melalui pembagian totebag kepada pengunjung pasar dan pedagang di stan. 

Sosialisasi CIKUR di Pasar Klandasan dan melalukan kampanye cinta lingkungan dan belanja bijak melalui pembagian totebag kepada pengunjung pasar dan pedagang di stan. 
Sosialisasi CIKUR di Pasar Klandasan dan melalukan kampanye cinta lingkungan dan belanja bijak melalui pembagian totebag kepada pengunjung pasar dan pedagang di stan.  (HO - BI Balikpapan)

Pembagian tote bag bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang digunakan untuk berbelanja. Tote bag yang diberikan pun memiliki desain tips belanja bijak. 

Tak hanya berhenti di situ, GenBI Balikpapan juga melakukan sosialisasi dan aksi bersih pantai di Pantai Sepinggan Raya (Seraya) yang juga dihadiri oleh warga Pantai Seraya dan 5 komunitas pecinta lingkungan Balikpapan.

sosialisasi CIKUR di Pasar Klandasan dan melalukan kampanye cinta lingkungan dan belanja bijak melalui pembagian totebag kepada pengunjung pasar dan pedagang di stan.
sosialisasi CIKUR di Pasar Klandasan dan melalukan kampanye cinta lingkungan dan belanja bijak melalui pembagian totebag kepada pengunjung pasar dan pedagang di stan. (HO - BI)

Pada kegiatan bersih pantai, sosialisasi tentang pengelolaan sampah disampaikan oleh Nurul Hidayati yang juga Pembina Green Generation Tingkat Nasional dan Koordinator Sekolah Adiwiyata Kota Balikpapan. 

Dalam paparannya Nurul mengatakan, bahwa pengelolaan sampah melalui pemilahan harus dilakukan, karena sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat berpotensi merusak lingkungan. 

Sosialisasi tentang pengelolaan sampah disampaikan oleh Nurul Hidayati yang juga Pembina Green Generation Tingkat Nasional dan Koordinator Sekolah Adiwiyata Kota Balikpapan. 
Sosialisasi tentang pengelolaan sampah disampaikan oleh Nurul Hidayati yang juga Pembina Green Generation Tingkat Nasional dan Koordinator Sekolah Adiwiyata Kota Balikpapan.  (HO - BI Balikpapan)

Selain itu, masyarakat diharapkan untuk mengurangi sampah plastik, misalnya dengan membawa sedotan stainless steel dan totebag kapanpun dan dimanapun berada," katanya.

Pasca sosialisasi, seluruh GenBI Balikpapan melakukan kegiatan bersih pantai. Uniknya adalah bersih pantai dilakukan dengan memanfaatkan karung bekas beras dan karung gonis bekas sebagai tempat penampungan sampah yang telah dikumpulkan. 

Bengkel Resmi Astra Motor Kilo Siap Tampung 600 Motor Sebulan, Ini Program-programnya

Ini Sosok Penari Hudoq yang Berhasil Mencuri Perhatian Pengunjung, Ini Keunikannya

Jika Ada Peredaran Narkoba Laporkan! Ini Jaminan Sat Resnarkoba Polres Balikpapan pada Pelapor

Sementara itu, Ketua GenBI Gravity menyatakan bahwa penggunaan goni bekas dan karung bekas tersebut sesuai dengan prinsip 3R yaitu dari sisi re-use atau penggunaan kembali.

"Rangkaian tersebut  tidak hanya berhenti di situ saja, karena kegiatan-kegiatan tersebut termasuk dalam rangkaian GenBI GRAVITY yang dilakukan pada tanggal 26-27 Oktober 2019. Selanjutnya, pada hari Minggu 27 Oktober 2019, GenBI Balikpapan akan melakukan perawatan pada taman Lalu Lintas yang akan diselenggarakan," katanya. (dha).

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved