Berita Pemkab Penajam Paser Utara

Pimpin Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Bupati PPU: Persatuan Mampu Wujudkan Cita-cita Bangsa

Tampak hadir Dandim 0913 PPU, Letkol Inf. Mahmud, Kapolres PPU, AKBP Sabil Umar, Kajari PPU, Darfiah, Sekretaris Daerah PPU, Tohar

Pimpin Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Bupati PPU: Persatuan Mampu Wujudkan Cita-cita Bangsa
HUMASKAB KUBAR
Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud (AGM) memimpin upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di lapangan Kantor Bupati, Senin, (28/10/2019). 

PENAJAM - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud (AGM) memimpin upacara Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 di lapangan Kantor Bupati, Senin, (28/10/2019).

Tampak hadir Dandim 0913 PPU, Letkol Inf. Mahmud, Kapolres PPU, AKBP Sabil Umar, Kajari PPU, Darfiah, Sekretaris Daerah PPU, Tohar dan sejumlah pejabat di lingkungan PPU.

Sebelum pelaksanaan upacara, juga digelar kirap pelopor perdamaian dalam rangka hari Sumpah Pemuda tahun 2019 mulai di kilometer 6 Kelurahan Nenang, menuju Monumen Jalan Donci, Kelurahan Nenang, serta dilakukan penandatanganan prasasti oleh masing-masing pejabat Kabupaten PPU. Upacara baru dilaksanakan sekira pukul 08.30 Wita di halaman depan Kantor Bupati PPU.

Membacakan sambutan Menpora, Bupati PPU AGM mengatakan, Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju". Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

“Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing,” ujarnya.

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

AGM juga mengatakan, pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun. bertanggung jawab, disiplin, kerja keras.

Selain itu, juga kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktlf dalam kancah internasional.

“Tema bersatu kita maju sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju,“ ungkapnya.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sekat-sekat primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa lanjut AGM, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang Iebih baik.

“Selamat hari sumpah pemuda ke-91. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita, “tutup AGM. (Advertorial/Humas6/Kominfo)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved