PT Indominco Mandiri Gelar Pelatihan ISPS Code 2019

komitmen PT IMM menciptakan pelabuhan tetap steril dan aman merupakan agenda wajib perusahaan.

PT Indominco Mandiri Gelar Pelatihan ISPS Code 2019
HO - Humas Indominco
TERIMA CENDERAMATA - Manajemen PT Indominco Mandiri, Zainal Abidin Aplaun menyerahkan cinderamat kepada Kepala KSOP Bontang, Muklis Tohepaly seusai membuka sosialiasasi dan pelatihan ISPS Code 2019. 

TRIBUNKALTIM.CO - PT Indominco Mandiri untuk kali ketiga menggelar excersise Internasional Shiping and Port Security (ISPS) code.

Pelatihan sigap keamanan ini menjadi ketentuan bagi setiap pelabuhan skala internasional.

Pelatihan ISPS Code 2019 kali ini digelar PT Indominco Mandiri (IMM) kepada seluruh personil pengamanan yang terlibat dalam aktivitas kepelahubanan Indominco atau Port Facility Security Officer (PFSO).

Indominco menghadirkan instruktur handal dari RSO Donpro dari Jakarta. Pada momen ini industri tambang batu bara juga mengundang Kapolsek Bontang Selatan dan Lanal Bontang serta KSOP Bontang.

Kegiatan pelatihan sigap keamanan ini bakal digelar selama 3 hari. Mulai tanggal 29-31 Okbtober yang melibatkan puluhan personil keamanan.

Mewakili manajemen PT IMM, Zainal Abidin Aplatun mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin Indominco secara berkala.

Melalui pelatihan ini pihaknya berharap seluruh personil mampu menerapkan aturan main tentang pengelolaan keamanan pelabuhan.

"Karena hampir 90 persen kapal berlabuh di Pelabuhan Indominco merupakan asal luar, maka diperlukan pelatihan ini untuk meningkatkan kesiagaan personil," ujar Zainal kepada tribun, Selasa (29/10).

Ia menambahkan, komitmen PT IMM menciptakan pelabuhan tetap steril dan aman merupakan agenda wajib perusahaan. Pihaknya meminta agar seluruh PFSO mampu menyerap ilmu dari materi yang diberikan selama pelatihan.

"Ini sebenarnya agenda rutin sejak 2003 lalu, cuman karena sering bergonta ganti personil makanya diperlukan pelatihan semacam ini supaya semua paham aturan main pelabuhan internasional," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala KSOP Bontang, Mukhlis Tohepaly mengapresiasi sistem keamanan pelabuhan milik PT IMM. Menurutnya, keamanan dan kenyamanan di pelabuhan ini sudah baik.

Namun, langkah untuk menyiapkan personil tetap sigap terhadap ancaman keamanan merupakan upaya yang patut diapresiasi.

Dia berharap pelatihan ini bisa meningkatkan sistem keamanan pelabuhan PT IMM. Kendati telah lulus uji namun perhatian agar tetap menjaga kualitas pelabuhan harus intens dilakukan.

"Sebenarnya PT Indominco ini sudah bagus, kan sudah terima sertifikat juga. Nah ISPS Code ini diperlukan untuk mengasah kesiapan para personil," pungkasnya. (*/m09)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved