Berita Pemkab Kutai Barat

KPU Kutai Barat Resmi Luncurkan Pilkada 2020

KPU Kabupaten Kutai Barat bekerjasama dengan Panitia Dahau 2019 menggelar Launching Pilkada 2020 bertempat di Taman Budaya Sendawar.

KPU Kutai Barat Resmi Luncurkan Pilkada 2020
HUMASKAB KUBAR
Sekretaris Kabupaten Kutai Barat YacobTullur bersama KPU, DPRD dan pejabat terkait menekan sirine dan pelepasan balon pada saat Launching Pilkada 2020 bertempat di Taman Budaya Sendawar, Selasa (29/10/2019). 

SENDAWAR - KPU Kabupaten Kutai Barat bekerjasama dengan Panitia Dahau 2019 menggelar Launching Pilkada 2020 bertempat di Taman Budaya Sendawar. Peluncuran Pilkada Kubar ditandai dengan menekan tombol sirine dan pelepasan balon.

Tema yang diangkat dengan Hari Jadi Kabupaten Kutai Barat ke-20 Kita, Tingkatkan Politik Demokrasi tang Berpendidikan Lebih Maju Bersama Membangun Negeri Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Yang Hari Esok Lebih Baik Daripada Hari Ini.

Turut dihadiri Ketua dan Anggota DPRD Kubar, jajaran Forkopimda, para Kepala OPD, para Camat, Kepala Lembaga Adat Kabupaten, Ketua TP-PKK, Ketua PIAD, pimpinan bank, Ketua KPU, perwakilan Pengurus KPU beberapa Kabupaten/Kota di Kaltim, perwakilan Organisasi Wanita, Organisasi Pemuda, Organisasi Masyarakat dan ASN serta TKK dilingkungan Pemkab Kutai Barat.

Bupati Kutai Barat FX Yapan dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Drs.Yacob Tullur mengatakan peluncuran Pilkada 2010 bisa memberikan informasi kepada masyarakat tentang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode mendatang.

Diharapkan tingkat partisipasi pemilih semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya guna menyukseskan Pilkada 2020 di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Dijelaskan, pada 2020 akan menghadapi agenda politik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat yang akan meneruskan cita-cita dan perjuangan pembangunan yang diharapkan membawa Kutai Barat maju dan berkembang serta mensejahterakan masyarakat. Tentunya agenda tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Pada awal Oktober lalu, Pemkab telah mendandatangani dokumen hibah kepada KPUD, Bawaslu, Polres dan Kodim terkait penyelenggaraan Pilkada. Hari ini (kemarin) dilanjutan untuk memberikan pemahaman dan menggerakan masyarakat agar tidak golput tetapi aktif menyuarakan pembangunan melalui dukungan suara pada saat pilkada nanti .

"Besar harapan saya seluruh pihak menyuskeskan agenda ini. Mari bersama kita menjaga Kabupaten Kutai Barat agar tetap aman, tentram, tertib dan damai menuju kegiatan tersebut 2020 mendatang. Jangan mudah terprovokasi melalui isu hoax dan adu domba serta fitnah lainnya. Saya yakin wargaku tercinta masyarakat Kutai Barat dewasa dan pasti lebih cerdas sehingga dalam berpikir, berujar maupun berkata dapat mencerminkan masyarakat yang beradat dan berkualitas," tegasnya.

Ketua KPUD Kutai Barat Arkadius mengungkapkan, launching Pilkada ini berjalan sesuai tahapan mulai pusat hingga kabupaten. Pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan 20 November 2020 mendatang. U

ntuk menyukseskan agenda ini dilaksanakan ragam persiapan dan sinergitas antara KPU dan Pemkab serta pihak lainnya. Moment hari ini merupakan dukungan kita melalui peran kita masing-masing agar agenda ini berjalan dengan lancar.

Berkaca pada Pilpres dan Pileg dimana Kutai Barat mencapai angka partisipasi 80 persen, maka Pilkada 2020 nanti kita yakin dan mampu untuk melaksanakannya secara bersama, tuntas, bermartabat dan berkualitas dimana target kita harus di atas 80 persen partisipannya. DPT Kutai Barat pada Pemilu terakhir berjumlah 114.872 jiwa.

Kegiatan ini didasarkan UU No. 10 Tahun 2016 tentang Perubahan II atas UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perpu No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Juga PKPU 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program Dan Jadwal Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota 2020.

Dalam launching ini juga disampaikan garis besar ketentuan pelaksanaan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Pendaftaran calon di KPU dilaksanakan 16-18 Juni 2020, sedangkan penetapan calon 8 Juli 2020. (HMS11)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved