TMMD ke 106

Tangkal Gaya Hidup Tak Sehat BAB Sembarangan, TNI Bangun Jamban Demi Kualitas Kesehatan Warga Berau

Tangkal gaya hidup Tak Sehat BAB sembarangan, TNI Bangun Jamban Demi Kualitas Kesehatan Warga Berau di Kalimantan Timur

Editor: Budi Susilo
Tribunkaltim.co/HO Kodam Mlw
Pelaksanaan kegiatan pembangunan jamban di Berau. Komandan Kodim 0902 Tanjung Redeb Letkol Kav Ilham Faisal Siregar terjun langsung meninjau lokasi TMMD di Berau Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Peran serta Tentara Nasional Indonesia atau TNI di wilayah Kalimantan Timur sangatlah vital. 

Sepak terjang TNI bukan saja sebagai penjaga kemanan menjaga kedaulatan negara, menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa akan tetapi juga punya peran strategis. 

Keberadaan TNI di tengah masyarakat pun rupanya bisa membawa kemanfaatan yang sangat luar biasa. 

Hal ini tampak dari eksistensi TNI dalam melakukan pengerjaan yang memberikan perubahan bagi pembangunan masyarakat di lokasi yang memang butuh perhatian. 

Belum lama ini, TNI Angkatan Darat dari Kodam VI Mulawarman melakukan kegiatan sosial, memberikan sumbangsih bagi pembangunan jamban di lingkungan permukiman penduduk. 

Melalui program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD yang ke 106 dari Kodim 0902 Tanjung Redeb yang merupakan wilayah Kodam VI Mulawarman membuat gebrakan kerja nyata. 

Pihak Kodim 0902 Tanjung Redeb di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur membikin terobosan yang bisa dimanfaatkan oleh warga setempat. 

Personel dari Kodim 0902 Tanjung Redeb buat jamban yang selama ini masih ada beberapa warga yang masih melakukan buang air besar atau BAB sembarangan

Dijelaskan oleh Serda Nursahid, Pimpro Jamban TMMD ke 106 di Kalimantan Timur, menuturkan, pembangunan jamban bagi warga yang berada di kampung Limunjan dan Sei Buntu di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur

"Pekerjaan dilakukan kerjasama dan partisipasi seluruh komponen yang tergabung dalam pelaksanaan TMMD ke 106 Kodim 0902 Tanjung Redeb," ujarnya, yang dikutip oleh Tribun Kaltim dari TNI.mil.id. 

Tentu saja, penyediaan jamban ini berharap memberikan kualitas Kesehatan hidup yang semakin terjamin dan memberikan kehindahan tempat tinggal perkampunga warga. 

Logikanya, jika masih ada beberapa warga yang masih membiasakan diri hidup jorok maka akan memunculkan persoalan yang semakin besar. 

Kerja Serabutan Tak Mampu Bangun Jamban

Satu di antara warga yang masih melakukan BAB sembarangan, Daeng Enre, warga Berau ungkapkan. Selama ini Daeng Enre yang tinggal di Limunjan Berau merasa tidak mampu membangun jamban di tempat tinggalnya. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved