Berita Pemkab Penajam Paser Utara

Hamdam Resmikan Kampung KB Percontohan di Desa Api-api, Wabup: Harus Bebas Stunting

diharapkan program-program pembangunan kesehatan lainnya seperti program pencegahan dan penanganan masalah stunting,

Hamdam Resmikan Kampung KB Percontohan di Desa Api-api, Wabup: Harus Bebas Stunting
HUMASKAB PPU
Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam bersama Sekretaris Daerah Tohar meresmikan pencanangan Kampung KB percontohan tingkat kabupaten, dan Kampung KB Bebas Stunting 2019 di Kampung KB, Desa Api-Api, Kecamtan Waru, Selasa (5/11/2019). 

PENAJAM- Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam bersama Sekretaris Daerah Tohar meresmikan pencanangan Kampung KB percontohan tingkat kabupaten, dan Kampung KB bebas stunting tahun 2019 yang berlangsung di Kampung KB, Desa Api-Api, Kecamtan Waru, Selasa (5/11/2019).

Wabup Hamdam menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampong, atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka menciptakan keluarga kecil berkualitas.

Keberadaan Kampung KB percontohan dan kampung KB bebas stabting ini prinsipnya untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas dengan mengedepankan delapan fungsi keluarga yang meliputi fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan fungsi pelestarian lingkungan.

Dengan menerapkan kedelapan fungsi tersebut, diharapkan dapat membantu keluarga menjadi lebih bahagia, sejahtera dan terbebas dari kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan serta terbebas dari stunting.

Ia mengatakan, peresmian Kampung KB percontohan dan peresmian Kampung KB bebas stunting di PPU ini, juga merupakan langkah kongrit untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, agar masyarakat dapat menerima layanan KB dengan lebih cepat, sehingga ke depannya masyarakat akan mampu hidup lebih berkualitas lagi.

Selain itu, melalui wadah kampung KB ini juga diharapkan program-program pembangunan kesehatan lainnya seperti program pencegahan dan penanganan masalah stunting, dapat berjalan secara terpadu dan bersamaan sehingga kegiatan yang dilakukan dalam program Kampung KB tidak hanya identik dengan penggunaan dan pemasangan kontrasepsi.

“Namun merupakan sebuah program pembangunan terpadu dan terintegrasi dengan pemberdayaan masyarakat melalui berbagai macam program yang mengarah pada upaya merubah sikap, perilaku dan cara berfikir (mindset) masyarakat ke arah yang lebih baik," kata Hamdam.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnadi menyatakan, peresmian Kampung KB percontohan dan Kampung KB menuju bebas stunting ini, bagian dari sinergi bersama baik pemerintah daerah melalui DP3AP2KB dengan menggalakan Kampung KB, yang berada di setiap desa dan kelurahan yang sudah dimulai pertama kalinya sejak tahun 2017, dan sampai saat ini di tahun 2019 termasuk yang diresmikan ini seluruhnya berjulah 31 Kampung KB di wilayah PPU (Advertorial/Humas13/Kominfo)

Tags
kampung KB
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved