Berita Pemkab Kutai Barat

Kodim 0912 Kutai Barat Lakukan Pembinaan Teritorial dengan Menanam 200 Pohon di 3 Lokasi

Kodim 0912 Kubar melakukan penghijauan dalam rangka kegiatan pembinaan teritorial (Binter) terpadu tahun 2019

Kodim 0912 Kutai Barat Lakukan Pembinaan Teritorial dengan Menanam 200 Pohon di 3 Lokasi
HUMASKAB KUBAR
Sekda Kutai Barat Yacob Tullur menanam pohon pada program kegiatan pembinaan teritorial Kodim 0912 Kubar. Program ini denga menanam 200 pohon meranti, mangga, rambutan dan klengkeng di tiga lokasi, antara lain Lapangan Tembak Perbakin, Asrama Kodim 0912 Kubar di Kampung Lay, dan Makodim 0912 Kubar. 

SENDAWAR - Sebagai upaya memberikan kontribusi positif bagi kelestarian lingkungan, khususnya di wilayah Kutai Barat, Kodim 0912 Kubar melakukan penghijauan dalam rangka kegiatan pembinaan teritorial (Binter) terpadu tahun 2019 yang dilaksanakan secara serentak di jajaran Kodim TNI AD dari Sabang sampai Merauke.

Dalam sambutan tertulis Bupati Kubar FX Yapan SH yang dibacakan Sekretaris Kabupaten Drs Yacob Tullur MM mengatakan, kegiatan penghijauan merupakan salah satu upaya pengelolaan sumber daya alam untuk kepentingan kesejahteraan dan pertahanan masyarakat.

Kegiatan penghijauan dengan menanam 200 pohon meranti, mangga, rambutan dan klengkeng tersebut dilakukan di tiga lokasi, antara lain Lapangan Tembak Perbakin, Asrama Kodim 0912 Kubar di Kampung Lay, dan Makodim 0912 Kubar.

Kegiatan tersebut didukung PT Pama dan BEK. Turut hadir perwakilan dari Kodam VI Mulawarman, Balikpapan, Kepala Kantor Kementerian RI Agama Kubar, para kepala perbankan di Sendawar, perwakilan Polres, Kejari, dan Pengadilan Negeri, serta jajaran manajemen perusahan dan asosiasi kepemudaan, Kamis (7/11/2019).

Bupati berharap dengan dilaksanakannya kegiatan penghijauan akan memberikan pemahaman dan perubahan pola perilaku yang lebih baik dimana seluruh elemen masyarakat dapat menjaga melestarikan dan menghijaukan bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Perlu kita ketahui bersama bahwa memaknai tugas pokok TNI dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

TNI tidak hanya melak sanakan tugas dalam operasi militer untuk perang saja namun juga operasi militer selain perang. Salah satunya yang disebutkan dalam point kedelapan yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

Hal ini kemudian diwujudkan dengan adanya sistem pertahanan rakyat semesta atau biasa disebut Sishanta, peran pembinaan teritorial adalah mewujudkan dan meningkatkan dukungan pemerintah dan masyarakat agar tugas pokok TNI dapat tercapai dengan baik.

Dalam konteks penyiapan komponen pertahanan wilayah dihadapkan pada Sishanta, maka diperlukan langkah-langkah pembenahan yang ditujukan kepada SDM agar masyarakat memiliki jiwa yang tangguh dan keuletan dalam menghadapi ancaman, SDA agar dikelola dan dipersiapkan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat .

Kegiatan penghijauan mengusung tema 'Memberdayakan Wilayah Pertanahan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang Yang Tangguh'. Menelaah tema tersebut tentu dapat kita pahami bahwasannya TNI turut mengambil perannya di daerah dengan memberdayakan sumberdaya yang dimiliki.

"Suksesnya kegiatan penghijauan ini juga tak dapat hanya di titik beratkan pada peran TNI saja. Saya mengimbau kepada pemerintah, swasta, mitra kerja pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat turut melaksanakan penghijauan dengan memanfaatkan lahan yang ada dengan membudidayakan tanaman keras baik buah-buahan lokal atau pohon kayu," kata Bupati.

Menyadari pentingnya tujuan akhir dari kegiatan penghijauan, Pemkab dan masyarakat Kutai Barat menyampaikan apresiasi serta terimakasih juga rasa bangga kepada seluruh jajaran Kodim 0912 Kutai Barat yang selama ini telah turut bersama dengan Pemkab dan masyarakat. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved