Bank Indonesia

Celengan Rindu Jadi Program Sekolah Peduli Rupiah Pelajar SMAN 3 Balikpapan

Selain sosialisasi mereka juga mempunyai program untuk membantu Bank Indonesia untuk menukarkan uang tidak layak

Celengan Rindu Jadi Program Sekolah Peduli Rupiah Pelajar SMAN 3 Balikpapan
HO - BI Bpn
SMAN 3 Balikpapan peserta Sekolah Peduli Rupiah 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - SMAN 3 Balikpapan peserta Sekolah Peduli Rupiah: “Pelajar Pejuang Rupiah” Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan telah mengadakan banyak program untuk yang inovatif dengan tujuan untuk mengkampanyekan cinta Rupiah.

Yohana Davita Anggraini Jumain Duta Rupiah merupakan pelajar di SMAN 3 Balikpapan mengatakan, peserta Duta Rupiah sisi sosialisasi, mereka telah mensosialisasikan 3D dan 5 Jangan di banyak tempat antara lain di pertokoan, Pasar Pandansari dan SPBU.

"Selain sosialisasi mereka juga mempunyai program untuk membantu Bank Indonesia untuk menukarkan uang tidak layak edar serta melestarikan logam melalui program Mentikruku dan Celengan Rindu," katanya.

SMAN 3 Balikpapan telah mensosialisasikan 3D dan 5 Jangan di banyak tempat antara lain di pertokoan, Pasar Pandansari dan SPBU.
SMAN 3 Balikpapan telah mensosialisasikan 3D dan 5 Jangan di banyak tempat antara lain di pertokoan, Pasar Pandansari dan SPBU. (HO - BI Bpn)

Yohana menjelaskan, mentiruku merupakan kegiatan yang dilakukan oleh tim SPR SMA Negeri 3 Balikpapan untuk mengumpulkan setiap uang lusuh atau tidak layak edar dari warga sekolah serta lapisan masyarakat dan menukarkannya di Bank Indonesia.

Celengan Rindu merupakan suatu program yang menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap rupiah terutama logam.

Dalam program ini setiap kelas, ruang guru, ruang TU, dan perpustakaan diberikan sebuah celengan yang terbuat dari barang-barang bekas (penerapan recycle) dengan tujuan mengingatkan kenangan masa kecil suka menabung di celengan dan mampu mengedukasi seluruh warga sekolah agar mempunyai rasa peduli terhadap sesama (berinfaq).

Agar Tak Terjadi Kecelakaan, Begini Imbauan Dinas Perhubungan Balikpapan

Bank Indonesia Kunjungi Sekolah Peduli Rupiah, Mulai Tahap Penjurian

Bank Indonesia Balikpapan Launching Sekolah Peduli Rupiah 2019, Pelajar Pejuang Rupiah

Hasil dari celengan rindu akan disumbangkan ke pembangunan masjid SMA Negeri 3 Balikpapan.

Mereka juga menyelenggarakan lomba yang diselenggarakan untuk seluruh siswa-siswi SMA Negeri 3 Balikpapan dimana di dalam video ini berisi tentang kegiatan mengedukasi orang-orang terdekat atau masyarakat untuk cinta dan peduli terhadap rupiah, dalam film pendek tersebut wujud kecintaan pada Rupiah telah digambarkan dengan baik sehingga video edukasi tersebut tampak lebih menarik dan dapat disukai oleh masyarakat.

SMAN 3 Balikpapan telah mensosialisasikan 3D dan 5 Jangan di banyak tempat antara lain di pertokoan, Pasar Pandansari dan SPBU.
SMAN 3 Balikpapan telah mensosialisasikan 3D dan 5 Jangan di banyak tempat antara lain di pertokoan, Pasar Pandansari dan SPBU. (HO - BI Bpn)

Dengan adanya program-program tersebut, mereka berharap agar masyarakat lebih menghargai uang Rupiah dan turut menjaganya karena mata uang Rupiah adalah identitas dan symbol kedaulatan negara yang wajib untuk dijaga.

"Selain itu, Uang rupiah telah menjadi alat transaksi kita sehari-hari yang tentunya perlu untuk dirawat dan disayangi. Semua orang tentunya perlu untuk turut serta merawat dan menjaga Rupiah, dan semua orang juga dapat mengajak siapapun untuk cinta Rupiah mulai dari lingkungan terdekat. Yuk rawat dan jaga uang Rupiahmu!," ungkapnya. (dha)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved