Bank Indonesia

Cinta Rupiah Lewat Permainan Ular Tangga dan Jingle Cinta Rupiah ala SMAN 9

Duta Rupiah SMA Negeri 9 Balikapapan juga mengajak untuk menjaga Rupiah karena Rupiah merupakan simbol negara.

Cinta Rupiah Lewat Permainan Ular Tangga dan Jingle Cinta Rupiah ala SMAN 9
HO - BI Bpn
Duta Rupiah SMA Negeri 9 Balikpapan juga mensosialisasikan penggunaan dompet 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dalam rangka Sekolah Peduli Rupiah yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, SMAN 9 Balikpapan membuat program yang unik untuk mengkampanyekan Cinta Rupiah.

Salah satunya adalah kampanye cinta rupiah melalui permainan ular tangga rupiah. Dalam permainan tersebut pemain diajak untuk bermain ular tangga yang dimodifikasi dengan kampanye Cinta Rupiah.

Papan permainan yang merupakan ide dari Yohanes Edy Irawan dan Nurafifah Nurdin yang juga merupakan Duta Rupiah SMAN 9 Balikpapan dibuat agak berbeda dengan permainan ular tangga pada umumnya, karena pada permainan tersebut pemain diajak untuk memahami Cinta Rupiah dengan pertanyaan-pertanyaan seperti Kaidah 5 Jangan, pengertian watermark dan pengaman.

Kampanye 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang) dan 5 J dalam sosialisasi Cinta Rupiah
Kampanye 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang) dan 5 J dalam sosialisasi Cinta Rupiah (HO - BI Bpn)

Selain itu, duta Rupiah SMAN 9 juga fasih dalam mengkampanyekan program Cinta Rupiah, dalam kurun waktu 2 bulan mereka telah melakukan sosialisasi ke Kelurahan Karang Joang, Puskesmas bahkan ke SPBU.

Pada sosialisasinya di SPBU Kilo 15, mereka mensosialisasikan 5 J (Jangan Dicoret, Jangan Dibasahi, Jangan Distapler, Jangan Dilipat, dan Jangan Diremas) kepada pelanggan SPBU.

Selain untuk menjaga agar uang Rupiah tetap dalam keadaan baik, dengan 5 J terutama Jangan Diremas dan Jangan Dilipat dapat menyingkat waktu transaksi di SPBU.

Duta Rupiah SMA Negeri 9 Balikpapan juga mensosialisasikan penggunaan dompet
Duta Rupiah SMA Negeri 9 Balikpapan juga mensosialisasikan penggunaan dompet (HO - BI Bpn)

'Transaksi dapat berjalan lebih cepat karena petugas tidak perlu lagi merapikan uang yang diberikan oleh pelanggan dan dapat segera melayani pelanggan berikutnya.

Selain itu, Duta Rupiah SMA Negeri 9 Balikpapan juga mensosialisasikan penggunaan dompet," kata Yohannes.

"Langsung menyimpan uang di saku biasanya membuat uang menjadi kusut karena biasanya uang akan dilipat atau diremas terlebih dahulu," ungkapnya lebih lanjut.

Lawan Arema FC, Persib Harus Siapkan Strategi Ini Tanpa Ezechiel, Vizcarra, dan Kippersluis

Tuduh Suami Siri Ibunya Sebagai Pelaku, Terkuak Dalang Pembunuhan Ayah yang Jasadnya Dicor Semen

Jungkook BTS Akan Jalani Investigasi Kecelakaan Mobil, Dihukum Tergantung Laporan Medis Sopir Taksi

Kampanye 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang) dan 5 J dalam sosialisasi Cinta Rupiah juga menjadi lebih menarik dengan jingle Sekolah Peduli Rupiah.

Nurafifah Nurdin yang menjadi penyanyi lagu ini sekaligus Duta Rupiah SMA Negeri 9 Balikapapan juga mengajak untuk menjaga Rupiah karena Rupiah merupakan simbol negara.

Jingle ini menjadi salah satu ikon dari kampanye cinta rupiah di SMAN 9 Balikpapan karena diciptakan dan diaransemen oleh Guru Kesenian serta dinyanyikan oleh Duta Rupiah bersama para siswa SMA Negeri 9 Balikpapan. (dha)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved