Pembelajaran Debat di Abad 21

dimulai dari Relevansi Debat sebagai Metode Pembelajaran Skill Abad 21, Kemampuan Berpikir Kritis & Public Speaking, Pengenalan Debat Parlemen Asia &

Pembelajaran Debat di Abad 21
HO - MGMP Bahasa Indonesia
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA/MA Kota Balikpapan pada tanggal 8-9 November 2019 lalu bertempat di SMA Negeri 1 Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA/MA Kota Balikpapan mengadakan suatu kegiatan edukasi yaitu Pelatihan dan Penjurian Debat yang dihadiri 60 peserta berasal dari guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan PKN SMA Kota Balikpapan dan 6 siswa SMA Negeri 1 Balikpapan.

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 8-9 November 2019 lalu bertempat di SMA Negeri 1 Balikpapan.

Sebagai bentuk partisipasi dalam peringatan Bulan Bahasa 2019, MGMP Bahasa Indonesia mengadakan Pelatihan dan Penjurian Debat dengan tujuan meningkatkan kualitas guru dalam pembelajaran dan penjurian debat.

Ketua MKKS SMA Kota Balikpapan, Drs. Eddy Effendy memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap MGMP Bahasa Indonesia SMA/MA Kota Balikpapan yang telah menyelenggarakan kegiatan edukasi bagi guru tersebut.

Narasumber yang sengaja didatangkan dari Yogyakarta adalah seorang juri dan trainer debat nasional Kementrian Pendidikan sejak tahun 2012, Zakaria Akhmad, S.IP.,S.H.

Adopsi dari Pemprov DKI Jakarta, Bapenda Kaltim Siapkan Apikasi Elektronik Retribusi Daerah

Kata-kata Hari Ayah & Gambar yang Bisa Dikirim ke Ayah Tercinta dalam Bahasa Inggis dan Indonesia

BREAKING NEWS Hari Ini Kutai Timur Dibuka Loker CPNS, Mendapat Kebagian 136 Formasi, Simak Posisinya

Anggota DPR RI Irwan Usulkan RUU IKN untuk Kawal Program Pemerintah Pemindahan Ibu Kota Negara

Abad 21 mendorong kita untuk melek teknologi sekaligus memiliki kecakapan literasi guna menangkal hoaks di tengah banjirnya informasi tanpa penyaring kecuali dari pribadi individu itu sendiri.

Debat dianggap mampu mengajarkan seseorang menjadi pribadi bijaksana karena selalu melihat akar masalah dari kedua belah sisi (pro-kontra) sehingga memiliki berbagai penyelesaian dari sudut pandang yang berbeda, kemampuan berpikir tingkat tinggi dan penguasaan literasi sangat diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Materi pelatihan debat ini dimulai dari Relevansi Debat sebagai Metode Pembelajaran Skill Abad 21, Kemampuan Berpikir Kritis & Public Speaking, Pengenalan Debat Parlemen Asia & Australia, Praktek debat dan penjurian hingga penyusunan klub debat di sekolah yang disampaikan dengan sangat menarik oleh narasumber.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA/MA Kota Balikpapan pada tanggal 8-9 November 2019 lalu bertempat di SMA Negeri 1 Balikpapan.
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA/MA Kota Balikpapan pada tanggal 8-9 November 2019 lalu bertempat di SMA Negeri 1 Balikpapan. (HO - MGMP Bahasa Indonesia)

Peserta termotivasi dan bersemangat mengikuti pelatihan dan berharap dapat mempraktekkannya dalam pembelajaran debat atau saat membina siswa lomba debat.

Selama dua hari peserta mendapatkan banyak pengalaman dan pemahaman tentang materi debat, lomba debat, dan penjurian.

Beberapa siswa SMA Negeri 1 Balikpapan pun diminta untuk mempraktekkan debat dengan bimbingan narasumber, sehingga peserta benar-benar dapat mengetahui contoh dan proses debat yang sesuai dalam penilaian tingkat nasional.

Pelatihan Debat ditutup pada hari Sabtu oleh Pengawas Sekolah dan MGMP Bahasa Indonesia yaitu Nira Surya,S,Pd.M.Si.

Peserta berharap Bulan Bahasa yang akan datang akan ada kegiatan pengembangan diri yang bermanfaat lagi bagi guru dan siswa yang diadakan MGMP Bahasa Indonesia SMA/MA kota Balikpapan. (ADV/Eka Dewi Lukmana Sari,M.Pd)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved