PT Kideco Jaya Agung

PT. Kideco Jaya Agung menyelenggarakan CSR Multistakeholders Engagement Workshop

dengan adanya workshop ini dapat memberikan masukan kepada Kepala Desa dan juga pihak Kideco agar penggunaan dana PPM

PT. Kideco Jaya Agung menyelenggarakan CSR Multistakeholders Engagement Workshop
HO - Humas Kideco
Peserta CSR Multistakeholder Engagement Workshop yang terdiri dari 61 Kepala Desa dan 10 Camat di Kabupaten Paser 

TRIBUNKALTIM.CO - Bertempat di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, pada Sabtu (9/11/2019). Workshop yang bertajuk “Menuju Pembangunan Paser Berkelanjutan” ini merupakan acara dari bagian program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) PT Kideco Jaya Agung.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Paser Drs H. Yusriansyah Syarkawie M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi ST, Sekda Kab.Paser Drs.H Katsul Wijaya, M.Si dan perwakilan dari Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Dirjen Minerba Kementerian ESDM RI, Ayi Ruhiat S.E. serta dua pembicara yang langsung di hadirkan dari Jakarta, Dra. Syarwat Fardaniyah Sekjen Konsorsium CSR serta Ir.Iskandar Sembiring sebagai Senior Consulting at Social Responsibility & Community Development.

Acara workshop ini melibatkan 61 kepala desa dan 10 camat Mitra langsung program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kideco, dimana agenda tersebut merupakan bagian dari PPM.

Perwakilan DPMPD dan Bappeda Paser berfoto bersama Bupati, Ketua DPRD, Sekda dan CAO Kideco
Perwakilan DPMPD dan Bappeda Paser berfoto bersama Bupati, Ketua DPRD, Sekda dan CAO Kideco (HO - Humas Kideco)

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Leonardus Herwindo selaku Chief Administration Officer PT Kideco Jaya Agung, ia mengatakan kegiatan CSR merupakan suatu investasi di bidang sosial dan kemasyarakatan. Artinya, social capital ini menjadi modal utama bagi perusahaan untuk bertumbuh bersama masyarakat sekitar dan Sumber Daya Manusia di manapun perusahaan beroperasi.

"Harapannya, kita dapat membina hubungan baik dengan semua stakeholder dan masyarakat, karena ini sesuai dengan visi dan misi Kideco," ujar Leonardus dalam sambutannya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, "Kami butuh dukungan supaya bisa bekerjasama membangun masyarakat Indonesia yang maju dan bisa berdiri sendiri. Nantinya, saat sumber daya alam itu sudah tidak ada lagi, masyarakat tetap bisa berkembang dengan sumber daya lain yang kita develop bersama."

Lewat kegiatan workshop ini pula, PT. Kideco Jaya Agung memiliki tujuan untuk menerima masukan serta umpan balik, supaya kegiatan tersebut bisa bermanfaat bagi semua pihak.

Kepala Desa dan Lurah di Kecamatan Kuaro dan Kecamatan Muara Komam berfoto bersama dengan Bupati Paser, Ketua DPRD, Sekda dan CAO Kideco
Kepala Desa dan Lurah di Kecamatan Kuaro dan Kecamatan Muara Komam berfoto bersama dengan Bupati Paser, Ketua DPRD, Sekda dan CAO Kideco (HO - Humas Kideco)

"Apa yang kita investasikan bisa dirasakan oleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar, kami juga ingin punya persepsi yang sama. Semoga Kabupaten Paser menjadi semakin maju secara lokal, provinsi, dan nasional," tutur Leonardus dalam sambutannya.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Subdirektorat Hubungan Komersial Batubara Pada Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara ESDM, Ayi Ruhiyat, S.E mengatakan dengan adanya workshop ini dapat memberikan masukan kepada Kepala Desa dan juga pihak Kideco agar penggunaan dana PPM tidak tumpang tindih dengan anggaran lainnya.”

Selain itu kami juga menyampaikan apresiasi bahwa Kideco merupakan salah satu perusahaan yang telah menyusun Rencana Induk PPM sebagaia acuan dalam pelaksanaan lima tahun kedepan”. Ucapnya.

Chief Administration Officer Kideco, Leonardus Herwindo memberikan kenang kenangan kepada Kasubdit Hub Komersial Batubara ESDM, Ayi Ruhiyat S.E
Chief Administration Officer Kideco, Leonardus Herwindo memberikan kenang kenangan kepada Kasubdit Hub Komersial Batubara ESDM, Ayi Ruhiyat S.E (HO - Humas Kideco)

Sedangkan Ketua DPRD Kab. Paser Hendra Wahyudi, ST menuturkan sangat mendukung program yang dijalankan Kideco selama ini. Seperti kegiatan workshop ini sebagai bentuk sinergisitas yang penting bagi pemerintah dan Kideco yang telah membantu dalam pemerataan ekonomi di Kabupaten Paser.

“Yang terpenting kami berharap pihak perusahaan dapat semakin aktif menjalankan CSR yang sudah ada untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya masyarakat kecil dan mengharapkan program program yang dibiayai melalui dana CSR dapat bersinergi dengan RPJMD Kab. Paser agar lebih kompetitif.” harap Hendra.

Sedangkan Bupati Paser, Drs H. Yusriansyah Syarkawie M.Si saat membuka acara juga mengatakan, untuk ke sekian kalinya, Kideco sebagai perusahaan Nasional selalu membuktikan diri sebagai salah satu perusahaan di bumi daya taka yang benar-benar memiliki kepedulian terhadap pembangunan masyarakat dan terbukti memberikan kemajuan di Paser.

Camat dari 10 Kecamatan di Kab. Paser berfoto bersama dengan Bupati Paser, Ketua DPRD, Sekda, Kepala Bappeda, Kepala Dinas DPMD dan CAO Kideco
Camat dari 10 Kecamatan di Kab. Paser berfoto bersama dengan Bupati Paser, Ketua DPRD, Sekda, Kepala Bappeda, Kepala Dinas DPMD dan CAO Kideco (HO - Humas Kideco)

“Kideco selalu memberikan perhatian kepada masyarakat, kedepannya kami berharap akan muncul pelaku ekonomi kreatif yang lebih banyak dan luas di Paser yang nantinya akan menciptakan lapangan kerja baru,” tegas Yusriansyah.

Dalam penyampaian materi workshop, kedua pembicara yaitu Dra Sarwat Fardaniyah dan Ir Iskandar Sembiring menekankan bahwa betapa pentingnya menyamakan persepsi antara pemerintah kabupaten, kecamatan maupun desa sebagaimana yang diinisiasi oleh Kideco kepada semua peserta CSR Multistakeholder Engagement workshop dengan pihak Kideco dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan, melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (ppm), arah pembangunan berkelanjutan dapat lebih fokus sesuai dengan rencana yang sudah di tentukan sebelumnya sebagaimana yang diharapkan oleh semua pihak.

Acara dibuka dengan pemukulan Gong sebanyak tiga kali oleh Bupati Kabupaten Paser, Drs H. Yusriansyah Syarkawie M.Si. Chief Administration Officer Kideco, Ketua DPRD Paser, Sekda Paser, Perwakilan Kementerian ESDM, First Manager ER-CSR dan kedua nara sumber, lalu dilanjutkan dengan sesi berfoto bersama pimpinan kecamatan, kepala desa, dan pendamping desa di wilayah Kabupaten Paser. (Humas Kideco/@Annisa Nursuci Rhamadani)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved