Pertamina Hulu Mahakam

PHM Alirkan Gas, Ubah Paradoks Langka di Wilayah Lumbung Gas, Warga Badak Baru: Api Biru Masak Cepat

Pertamina Hulu Mahakam ( PHM ) alirkan gas di kawasan Muara Badak untuk mengubah paradoks kelangkaan di wilayah lumbung gas, warga senang.

PHM Alirkan Gas, Ubah Paradoks Langka di Wilayah Lumbung Gas, Warga Badak Baru: Api Biru Masak Cepat
HO-Pertamina Hulu Mahakam
Ibu Sana, warga Desa Badak Baru RT 31, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara tersenyum gembira saat uji coba jargas di rumahnya. Ia langsung menggoreng telur dan puas menikmati hasilnya. Jargas di kawasan ini dialirkan oleh Pertamina Hulu Mahakam. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pertamina Hulu Mahakam ( PHM ) mengalirkan gas di Muara Badak untuk mengubah paradoks kelangkaan di wilayah lumbung gas, warga senang apinya biru dan bisa cepat masak.  

Beberapa wilayah di Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ) memiliki potensi sumber daya gas yang menyumbang Dana Bagi Hasil ( DBH ) cukup tinggi untuk pendapatan daerah.

Pada tahun 2018 lalu, Kukar menerima DBH dari sumber alam gas bumi sebesar Rp 450,8 miliar (sumber Kementerian Keuangan, Mei 2019).

Menjadi sebuah paradoks, wilayah dengan lumbung gas yang tersebar di beberapa kecamatan, salah satunya Kecamatan Muara Badak, masih sering mengalami kelangkaan pasokan gas elpiji untuk kebutuhan warga sehari-hari.

Tahun ini secara perdana PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) mulai mengalirkan gasnya ke Kukar, tepatnya di Muara Badak, melalui Jaringan Gas ( jargas ) rumah tangga.

Pada tahun pertama ini baru 5 desa terlayani jargas dari cakupan 5.000 sambungan rumah tangga, yakni Desa Badak Baru, Tanjung Limau, Gas Alam, Muara Badak Ulu dan Muara Badak Ilir.

Sambungan jargas ini telah diuji coba di Sektor 3 Desa Badak Baru, Kamis (17/10) lalu. Uji coba di rumah Ketua RT 31 Badak Baru, Herman Aco berlangsung lancar.

“Mamak saya langsung mengetes dengan menggoreng telur, hasilnya jadi telur dadar matang,” kata Herman.

Sebagai salah satu pelanggan, ia mengaku senang jargas bisa masuk ke kampungnya sehingga ibu-ibu tidak lagi kesusahan mencari tabung gas elpiji yang kerap langka selama ini.

Warga Badak Baru sering kesulitan mencari gas elpiji 3 kg.

259 Sambungan Rumah Belum Tersambung Jargas di Penajam, Kendala Pemasangan Karena Rumah Kosong

Halaman
1234
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved