Pelayanan Kesehatan Membaik, Pemkot Balikpapan Akan Fokus Dua Upaya Ini

Pelayanan Kesehatan Membaik, Pemkot Balikpapan Akan Fokus Dua Upaya Ini

Pelayanan Kesehatan Membaik, Pemkot Balikpapan Akan Fokus Dua Upaya Ini
TribunKaltim.Co/miftah aulia anggraini
Walikota Balikpapan Rizal Effendi saat ditemui wartawan Tribunkaltim.co, usai upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55, di halaman kantor Walikota Balikpapan, Senin (25/11/19).6 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN-pelayanan Kesehatan membaik, Pemkot Balikpapan akan fokus dua upaya ini

Peringatan Kesehatan Nasional ke-55, Walikota Balikpapan Rizal Effendi   berikan beragam penghargaan, bagi beberapa instansi terkait bidang kesehatan, di halaman kantor Walikota Balikpapan, Senin (25/11/19).

Beragam penghargaan yang diberikan tersebut menunjukkan pelayanan kesehatan di Kota Balikpapan semakin membaik.

Meski begitu, Walikota Balikpapan dua periode ini menyebut pelayanan kesehatan yang meningkat harus selalu dibarengi dengan kegiatan Gerakan Masyarakat (Germas).

"Germas ini harus selalu dijalankan, karena kecenderungan penderita penyakit tidak menular itu selalu naik seperti diabetes, jantung, dan stroke, itu juga bisa tergantung pola makan kita sendiri," ujar Rizal Effendi, Senin (25/11/19).

Rizal Effendi menambahkan sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo, Pemerintah Kota Balikpapan saat ini akan berupaya fokus tangani stunting yang dapat diderita anak sejak dikandungan ibunya.

Ia menyebut, stunting akan menjadi penyakit yang berbahaya karena memiliki kecenderungan anak menjadi tidak cerdas dan anak akan alami banyak gangguan masalah kesehatan.

Sementara itu, Rizal Effendi juga menuturkan perhatian lainnya akan difokuskan kepada puskesmas untuk layani masyarakat dalam upaya perspentif dan promotif.

Hal ini dimaksudkan, agar masyarakat tetap sehat dan tidak banyak berobat. Sehingga biaya kesehatan dapat ditekan dan BPJS Kesehatan tidak akan alami defisit seperti saat ini.

"Puskesmas tidak sekedar memberikan perawatan tapi harusnya upaya terkait perspentif dan promotifnya lebih menonjol. Tentu ini akan berdampak baik jika bisa dijalankan," pungkas Rijal mengakhiri keterangannya.

Halaman
1234
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved