BPJAMSOSTEK

Tingkatkan Kepatuhan Pemberi Kerja/Badan Usaha, BPJAMSOSTEK Gandeng Kejaksaan se-Kaltim dan Kaltara

Kegiatan dihadiri oleh Walter Sigalingging selaku Asisten Deputi Wilayah Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Kanwil Kalimantan,

Tingkatkan Kepatuhan Pemberi Kerja/Badan Usaha, BPJAMSOSTEK Gandeng Kejaksaan se-Kaltim dan Kaltara
HO - BPJAMSOSTEK
BPJS Ketenagakerjaan ( BPJAMSOSTEK ) Kantor Wilayah Kalimantan menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi kerja sama dengan Kejaksaan se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, di Ballroom Hotel Grand Jatra Balikpapan, Kamis (21/11/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO - BPJS Ketenagakerjaan ( BPJAMSOSTEK ) Kantor Wilayah Kalimantan menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi kerja sama dengan Kejaksaan se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, di Ballroom Hotel Grand Jatra Balikpapan, Kamis (21/11/2019).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas hubungan kelembagaan yang bertujuan mendukung penegakan kepatuhan dan penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara terhadap pemberi kerja atau badan usaha dalam pelaksanaan program jaminan sosial di bidang ketenagakerjaan.

Selain itu, monitoring dan evaluasi atas Surat Kuasa Khusus (SKK) yang telah di serahkan oleh BPJAMSOSTEK kepada Kejaksaan se-Kalimantan Timur dan Utara.

Kegiatan dihadiri oleh Walter Sigalingging selaku Asisten Deputi Wilayah Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan Kanwil Kalimantan, mewakili Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Kanwil Kalimantan.

Sementara dari pihak Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dihadiri oleh Kepala Kejati yaitu Dr. Chaerul Amir, SH. MH, beserta Wakil Kejati Sarjono Turin, SH.MH, dan Damly Rowelcis, SH.MH selaku Asdatun Kejati Provinsi Kaltimtara.

Pemerintah Paser Proteksi PTT Lewat BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Berubah jadi BP Jamsostek, Begini Penjelasan Kepala Cabang Balikpapan

Pemerintah Kabupaten Paser Proteksi Pegawai Tidak Tetap dengan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Adakan Pelatihan dan Sertifikasi Mekanik Industri

Selanjutnya, peserta yang hadir pada kegiatan tersebut adalah seluruh Kepala Kejaksaan Negeri se-Kaltimantan Timur dan Kalimantan Utara beserta dengan Kasidatunnya.

Sementara itu, turut hadir pula Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK se Kaltimtara beserta Kepala Bidang Kepesertaan dan Petugas Pemeriksa.

Acara dengan tema "Law Enforcement Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara", bertujuan agar meningkatkan kepatuhan Pemberi Kerja / Badan Usaha dalam pelaksanaan program Jaminan Sosial di Bidang Ketenagakerjaan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tetang Sistem Jaminanan Sosial Nasional (SJSN) dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

BPJAMSOSTEK menyelenggarakan empat program yaitu;

  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK),
  • Jaminan Kematian (JKM),
  • Jaminan Hari Tua (JHT),
  • Jaminan Pensiun (JP).

Empat program yang wajib diikuti oleh peserta BPJAMSOSTEK sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pemberi Kerja / Badan Usaha wajib memberikan perlindungan Jaminan Sosial terhadap Pekerjanya dan wajib memungut iuran yang menjadi beban peserta dari pekerjanya dan menyetorkannya kepada BPJAMSOSTEK.

"Serta Pemberi Kerja wajib membayar dan menyetor Iuran yang menjadi tanggung jawabnya kepada BPJAMSOSTEK sesuai Pasal 19 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011," ujar Walter Sigalingging. (*)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved