Berita Pemkab Kutai Kartanegara

DPMD Kukar Gelar Bimtek Optimalisasi Sistem Keuangan Desa

agar dapat melaksanakan proses pengelolaan Keudes dengan berbasis sistem aplikasi Siskeudes,

DPMD Kukar Gelar Bimtek Optimalisasi Sistem Keuangan Desa
HUMASKAB KUKAR
Sekda Kutai Kartanegara H Sunggono membuka Bimbingan teknis (Bimtek) Optimalisasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, 25-27 November di Hotel Lizha, Tenggarong, Senin (25/11/2019). 

TENGGARONG - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) Optimalisasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), pada 25-27 November di hotel Lizha, Tenggarong.

Sekretaris DPMD Kukar HM Zulkifli, dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya optimalisasi Siskeudes adalah agar dapat melaksanakan proses pengelolaan Keudes dengan berbasis sistem aplikasi Siskeudes, mendapatkan pendampingan dari supervisor kecamatan dan admin kabupaten.

"Terutama yang mengalami perubahan menyesuaikan ketentuan terbaru Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pedoman pengelolaan keuangan desa," ujarnya saat pembukaan acara itu, Senin (25/11) di hotel Lizha, Tenggarong.

Acara tersebut diikuti aparatur dari 16 Kecamatan yakni supervisor yang menangani verifikasi dan evaluasi keuangan desa, aparatur DPMD, aparatur Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan tenaga ahli pendamping desa.

Sedangkan Narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Kaltim.

Sementara, Sekda Kukar H Sunggono saat membuka acara itu mengatakan menyambut baik kegiatan tersebut, karena beberapa hari tarkhir Bupati Kukar Edi Damansyah fokus membincangkan keuangan daerah termasuk Siskeudes. Diantaranya yaitu mengupayakan perubahan sistem pengelolaan keuangan daerah.

Dikatakannya, proses perubahan itu secara ideal mestinya bisa tertransformasi dan juga diikuti oleh pengelolaan keuangan yang ada di Desa.

"Sehingga sistem pengelolaan keuangan Kukar tersinergi dalam satu sistem yang sama, hal itu harus kita lakukan dari sekarang, sehingga dengan luasnya Kukar bisa termudahkan dengan sistem keuangan tersebut," ujarnya.

Selanjutnya, Sunggono mengatakan bahwa Kepala Desa terpilih juga akan diberikan pembekalan bagaimana mengelola anggaran dengan baik dan benar, serta mensejahterakan masyarakat.

"Saya harap kegiatan ini bisa dioptimalkan sehingga tak ada lagi anggapan Kades bisa semaunya sendiri," demikian harapnya. (medsi09)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved