Berita Pemprov Kalimantan Timur

Wagub Kaltim Berharap Guru Ikut Ajarkan Murid Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Edukasi hidup sehat menurut Wagub, khususnya bagi anak didik sejak dini di sekolah-sekolah ajarkan mereka menanam di pekarangan sekolah.

Wagub Kaltim Berharap Guru Ikut Ajarkan Murid Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
HUMASPROV KALTIM/ACHMAD RIANDY
Wagub Hadi Mulyadi menyerahkan Beasiswa Kaltim Tuntas di sela peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI di Komplek Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Senin (25/11/2019). 

SAMARINDA - Para pendidik atau guru memiliki peranan sangat penting dan strategis dalam membentuk pola pikir muridnya (anak didiknya) sejak dini. Tidak terkecuali membudayakan pola hidup sehat.

"Peran guru sangat luar biasa. Momentum Hari Guru dan Hari Kesehatan ini. Mari edukasi anak-anak kita tentang Germas atau gerakan masyarakat hidup sehat," kata Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi pada peringatan Hari Guru Nasional di Planery Hall Convention Hall Komplek Stadion Madya Samarinda, Senin (25/11/2019).

Edukasi hidup sehat menurut Wagub, khususnya bagi anak didik sejak dini di sekolah-sekolah ajarkan mereka menanam di pekarangan sekolah.

Selain lingkungan menjadi hijau, bersih dan sehat. Tentu tanaman sayuran itu bisa dimanfaatkan atau diolah menjadi makanan untuk dikonsumsi (makanan sehat).

Mantan lagislator Karang Paci dan Senayan ini menegaskan selayaknya Indonesia atau Kaltim ini tidak pantas terjadi kasus Stunting. Sebab, daerah tropis sangat identik dengan kawasan yang mudah ditanam berbagai tanaman baik sayur, buah maupun tanaman pangan lainnya.

"Rasanya tidak pantas bahkan tidak layak negara dan daerah kita yang beriklim tropis. Ternyata terjadi kasus Stunting atau anak kekurangan gizi kronis," ujarnya.

Karenanya ujar Hadi, sejak dini ajarkan anak-anak kita membudayakan hidup sehat dan mengembangkan hidup bersih sehat (HBS).

Caranya lanjut Hadi, biasakan anak-anak menanam. Baik di pekarangan sekolah maupun rumah mereka. Sehingga, tidak ada halaman atau pekarangan terlantar. Sebalikhya, tanaman menjadikan lingkungan sejuk dan indah juga bisa dikonsumsi untuk gizi.

"Sedangkan proteinnya, bisa diperoleh dari ternak yang dipelihara baik ayam, bebek ataupun ikan. Sungai dan kolam-kolam juga rawa-rawa kita banyak terdapat ikan. Kalau tidak bisa beli ikan yang besar, cukup ikan-ikan yang kecil," ungkap Hadi.

Pada intinya, Wagub Hadi sangat berharap para guru terus berupaya mengedukasi murid-muridnya tentang prilaku hidup sehat. Sehingga, Kaltim bebas dari Stunting.(yans/sul/ri/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved