Pilkada Balikpapan

KPU Balikpapan Kalimantan Timur Sebut Pilkada Jauh Lebih Rawan Dari Pilpres dan Pileg

KPU Balikpapan Kalimantan Timur Sebut Pilkada Jauh Lebih Rawan Dari Pilpres dan Pileg beharap bisa berjalan damai Pilkada Balikpapan, Kalimantan Timur

KPU Balikpapan Kalimantan Timur Sebut Pilkada Jauh Lebih Rawan Dari Pilpres dan Pileg
TribunKaltim.Co/Miftah Aulia Anggraini
KPU Balikpapan Kalimantan Timur Sebut Pilkada Jauh Lebih Rawan Dari Pilpres dan Pileg beharap bisa berjalan damai Pilkada Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - KPU Balikpapan Kalimantan Timur Sebut Pilkada Jauh Lebih Rawan Dari Pilpres dan Pileg

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan Pilkada berpotensi jauh lebih rawan dari Pilpres dan Pileg.

Hal itu disampaikannya usai acara rapat koordinasi stakeholder yang membahas indeks kerawanan pemilihan dalam Pilkada 2020, yang di selenggarakan di Hotel Aston Kota Balikpapan.

"Jadi dari tingkat kerumitan kerja memang Pilpres dan Pileg jauh lebih rumit. Tapi kalau dari tingkat permasalahnannya Pilkada jauh lebih bermasalah, jauh lebih rawan tingkat permasalahannya," ujar Noor Thoha, Senin (2/11/19).

Pasalnya di dalam konstetasi Pilkada semua unsur berada di dalam satu wilayah yang sama, seperti halnya calon, pendukung dan Timses yang ada di dalam satu Kota. Hal ini berbeda dengan Pilpres, dimana calonnya berada di daerah pusat atau Jakarta.

Thoha mengatakan hal tersebut akan menjadi masalah ketika masing-masing antara kubu calon dengan KPU memiliki interpretasi yang berbeda terkait dengan aturan dan Undang-Undang.

"Ini yang menjadi potensi masalah, kemudian masalah yang lain ketika peserta ini tidak tertib, tidak taat terhadap aturan yang dibuat oleh KPU maupun bawaslu, ini juga jadi potensi tentunya," jelas Thoha.

Menurutnya, jika semua bisa melaksanakan proses Pilkada sesuai dengan aturan maka bentuk potensi masalah itu bisa di minimalisir.

"Bahwa ada masalah itu tidak bisa dihindari, karena perebutan kekuasaan itu pasti rawan dengan masalah," kata Thoha.

Sementara itu, Thoha menjelaskan KPU sebagai pihak penyelenggara sangat menekankan terhadap anggotanya terkait dengan masalah yang menyangkut etika.

Halaman
1234
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved