BPN Kutai Kartanegara Bagikan 1000 Sertifikat PTSL,Tahun 2020 Target 60 Ribu Sertifikat Baru Rampung

BPN Kutai Kartanegara Bagikan 1000 Sertifikat PTSL,Tahun 2020 Target 60 Ribu Sertifikat Baru Rampung,

BPN Kutai Kartanegara Bagikan 1000 Sertifikat PTSL,Tahun 2020 Target 60 Ribu Sertifikat Baru Rampung
TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah berikan 1000 sertifikat PTSL kepada masyarakat di sembilan desa dari empat kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG -BPN Kutai Kartanegara Bagikan 1000 Sertifikat PTSL,Tahun 2020 Target 60 Ribu Sertifikat Baru Rampung

Pemerintah Kutai Kartanegara ( Kukar ) melalui Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) bagi-bagi sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) di halaman kantor Bupati, Rabu (4/12/2019).

Pemerintah membagikan sekitar 1.000 sertifikat kepada warga di sembilan desa di empat kecamatan yang ada di Kukar.

Keempat kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Loa kulu terdiri dari Desa Loh Sumber, Desa Sepakat. Kemudian Kecamatan Muara Kaman meliputi Desa Muara Kaman Ilir, Desa Muara Siran, Desa Benua Puhun.

Lalu Kecamatan Tenggarong Seberang meliputi Desa Perjiwa, Desa Loa Ulung, Desa Loa Pari. Terakhir Kecamatan Muara Badak yakni Desa Tanah Datar yang turut mendapatkan sertifikat PTSL.

Bupati Kukar Edi Damansyah menjelaskan dengan kepemilikan sertifikat PTSL sangat besar pengaruhnya. Ditambah jika lokasinya berdekatan dengan posisi IKN baru.

Sehingga program ini memberikan kepastian hukum pada pemiliknya dan menjadi perlindungan jika suatu saat nanti ada sengketa pemilik tanah sudah terlindungi dari sisi hukum.

Rencananya di tahun 2020 Kukar akan menargetkan penyelesaian sertifikat PTSL sebanyak 60.000 sertifikat untuk warga Kukar. "Saya memastikan bisa rampung," ucap Edi.

Dengan diberikannya hak kepemilikan tanah berupa sertifikat tersebut diharapkan masyarakat bisa menjalankan kewajibannya dalam bentuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Di tahun 2019 ini Kukar telah mengeluarkan total sekitar 9400 sertifikat PTSL. Dari total tersebut belum mencapai target yang seharusnya sekitar 10 ribu sertifikat. (Jnp)

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved