Tidak Hanya Soal Kebakaran, Damkar Samarinda Juga Bertugas Evakuasi Kucing Hingga Tangkap Buaya

Tidak Hanya Soal Kebakaran, Damkar Samarinda Juga Bertugas Evakuasi Kucing Hingga Tangkap Buaya,

Tidak Hanya Soal Kebakaran, Damkar Samarinda Juga Bertugas Evakuasi Kucing Hingga Tangkap Buaya
TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER D
EVAKUASI BUAYA - Personel Damkar Kota Samarinda mengamankan buaya sepanjang kurang lebih 2 meter di Posko 2 Damkar, Jalan KH Wahid Hasyim, Rabu (4/12/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA -Tidak Hanya Soal Kebakaran, Damkar Samarinda Juga Bertugas Evakuasi Kucing Hingga Tangkap Buaya.

Dinas Pemadam Kebakaran ( Damkar ) Kota Samarinda tidak melulu hanya bertugas memadamkan maupun menanggulangi terjadi kebakaran, namun banyak hal yang dapat dilakukan Damkar.

Salah satu tugas yang juga dilakukan oleh personel Damkar yakni melakukan evakuasi non kebakaran, yang dievakuasi tidak hanya manusia, melainkan juga hewan.

 

Apresiasi Penanggulangan Karhutla di Kalimantan CGV Cinemas Nonton Bareng Damkar dan BPBD Balikpapan

Ini Harapan Dinas Damkar Kutai Timur Kepada Bupati, Tiap Kecamatan Harus Miliki Pos Pemadam

Tim Rescue Disdamkar Samarinda Temukan Sarang Ular Piton Berisi Puluhan Butir Telur, Mana Induknya?

Tidak jarang Damkar mendapatkan laporan maupun dimintai tolong oleh warga untuk memindahkan sarang tawon, menangkap ular, evakuasi kucing, hingga menangkap buaya muara.

Hampir setiap hari Damkar mendapatkan laporan dari warga mengenai hal-hal tersebut melalui telepon ke Puskom Damkar di 0541-742492 maupun call center Pemkot Samarinda di 112, ataupun datang langsung ke posko Damkar.

Tidak ada keahlian khusus yang dimiliki personel Damkar dalam menangani hal-hal diluar kebakaran, nyaris semua personel hanya mengandalkan pengalaman, serta belajar otodidak, walaupun belum lama ini Damkar mengirimkan sekitar lima personelnya untuk ikut pelatihan menangkap ular.

"Selain kebakaran, kita juga bertugas menyelamatkan maupun evakuasi di luar kejadian kebakaran, bisa manusia, bisa juga binatang," ucap Kepala Dinas Damkar Kota Samarinda, Nursan, Rabu (4/12/2019).

Tugas selain urusan kebakaran tertuang dalam Permendagari Nomor 114 Tahun 2018 tentang standart teknis pelayanan dasar pada pelayanan minimal sub urusan kebakaran daerah Kabupaten/Kota.

"Jadi, selain standby 24 jam tangani adanya kebakaran, juga standby 24 jam tangani laporan warga mengenai evakuasi di luar kebakaran," imbuhnya.

Evakuasi diluar kebakaran ditangani oleh Seksi Penyelamatan, yang dilakukan oleh seluruh personel dimasing-masing posko. Kendati laporan mengenai evakuasi di luar kebakaran cukup tinggi, namun selama ini dalam penanganannya personel Damkar hanya menggunakan alat seadanya.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved