Berita Eksklusif

Ratusan Patok Perbatasan Indonesia-Malaysia di Mahulu Hilang, Bukan Ulah Manusia, Penyebabnya Ini

Ratusan patok perbatasan Indonesia-Malaysia di Mahulu hilang. Bukan ulah manusia, tapi penyebabnya ini.

Ratusan Patok Perbatasan Indonesia-Malaysia di Mahulu Hilang, Bukan Ulah Manusia, Penyebabnya Ini
TribunKaltim.Co/HO
TAPAL BATAS - Aktivitas patroli patok dilakukan personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/Setia Sampai Mati (SSM) Kostrad. 

TRIBUNKALTIM.CO, MAHULU - Ratusan patok perbatasan Indonesia-Malaysia di Mahulu hilang. Bukan ulah manusia, tapi penyebabnya ini.

Selama semingguan wartawan Tribun Kaltim ikut bergabung dengan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/Setia Sampai Mati (SSM) Kostrad. Mereka menjaga kawasan perbatasan antara Mahulu, Kalimantan Timur dengan Malaysia.

Salah satu tugas dari Satgas Pamtas memastikan keberadaan patok tapal batas negara tidak pindah dari tempatnya.

Prajurit yang ditugaskan di wilayah perbatasan negara akan bahu membahu mencari, mengecek, dan mengamankan ribuan patok yang berada di garis pebatasan negara tersebut.

Sama halnya dilakukan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/Setia Sampai Mati Kostrad.

Sebanyak 450 personel Prajurit TNI yang dibawa ke tanah Borneo disebar kembali ke 20 pos terdepan yang letaknya paling dekat garis batas negara.

Ratusan Patok Batas Negara Hilang, Dansatgas : Bukan Ulah Manusia

Kerap Digunakan Berburu di Hutan, TNI di Perbatasan Amankan Senpi Rakitan Milik Warga

Potret Para Tentara Perbatasan Indonesia Malaysia, Beri Botol Susu ke Bayi Sampai Istri Menangis

Patroli patok merupakan hal wajib dilaksanakan para prajurit. Setiap pos telah target untuk dapat melakukan pemeriksaan patok.

Tidak hanya memastikan patok berada di posisinya, namun prajurit TNI ini juga turut serta membersihkan patok-patok yang telah usang digerus waktu.

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad memiliki tanggung jawab 6.168 patok yang harus diamankan sepanjang 498,85 kilometer. Per 25 November 2019, prajurit TNI telah melakukan patroli dan menemukan 2.740 patok.

Kondisi patok beragam, ada yang masih utuh dan kokoh berdiri, ada juga yang miring akibat tertimpa pepohonan. Ada juga yang tenggelam tertimbun tanah, bahkan juga yang hilang.

TAPAL BATAS - Prajurit TNI Batalyon Infanteri Raider 600/Modang yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) antara Republik Indonesia dan Malaysia di Pos Aji Kuning, melaksanakan karya bakti berupa rehab masjid Al-Hikmah di Kampung Rambutan, desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik, Kalimantan Utara, Minggu (17/11/2019).
TAPAL BATAS - Prajurit TNI Batalyon Infanteri Raider 600/Modang yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) antara Republik Indonesia dan Malaysia di Pos Aji Kuning, melaksanakan karya bakti berupa rehab masjid Al-Hikmah di Kampung Rambutan, desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik, Kalimantan Utara, Minggu (17/11/2019). (HO/Penrem 091/ASN)
Halaman
123
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved