Hari Kesehatan Nasional & Hari Ibu

Besok, Walikota Balikpapan akan Menyerahkan 11 Ambulans di Lokasi Ini

Semua ambulance itu dibeli pemkot menggunakan dana yang bersumber dari APBD Balikpapan. Apresiasi pemkot pada sektor kesehatan sangat beralasan.

Besok, Walikota Balikpapan akan Menyerahkan 11 Ambulans di Lokasi Ini
HO_DKK Balikpapan
Walikota Balikpapan Rizal Effendi didampingi jajaran Dinas Kesehatan Kota (DKK) memeriksa ambulans baru yang fasilitasnya lebih lengkap dan modern. Ambulance ini akan diserahkan kepada puskesmas dan DKK, bertepatan puncak acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di kawasan Tennis Indoor Balikpapan, Minggu (8/12/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Walikota Balikpapan Rizal Effendi memberi perhatian lebih serius pada pembangunan sektor kesehatan, terutama pelayanan kesehatan masyarakat. Salah satunya diwujudkan dengan pembelian 11 unit ambulans baru yang akan diserahkan kepada puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Minggu (8/12/2019).

"Kata Walikota, ini merupakan hadiah prestasi Hari Kesehatan. Beliau sangat peduli pada pembangunan sektor kesehatan terutama pelayanan kesehatan masyarakat," ungkap dr A Sri Juliarty M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan kepada Tribunkaltim.co di kawasan Tennis Indoor Balikpapan.

Belasan ambulance itu akan diserahkan masing-masing kepada Puskesmas Telaga Sari, Puskesmas Lamaru, Puskesmas Karang Jati, Puskesmas Manggar Baru, Puskesmas Karang Joang, Puskesmas Baru Ulu, Puskesmas Kariangau, dan Puskesmas Graha Indah. Sedangkan dua ambulance jenazah dan satu ambulance Public Safety Center (PSC) 119 diserahkan kepada DKK Balikpapan. "Nanti kami jejerkan ambulance tersebut di lokasi acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan Hari Ibu. Semua ambulance itu dibeli pemkot menggunakan dana yang bersumber dari APBD Balikpapan," ujar dr Juliarty yang akrab disapa dr Deo.

Apresiasi Pemkot Balikpapan pada sektor kesehatan tentu sangat beralasan. November 2019 lalu, DKK dan jajarannya mencatatkan banyak prestasi level nasional. Bertepatan peringatan HKN 12 November 2019, Balikpapan mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan berupa juara III nasional Puskesmas Tipe Perkotaan Terbaik, prestasi Dokter Teladan Nasional dari Puskesmas Karangjati (dr Niken Dayu), kemudian pada 13 November Balikpapan meraih penghargaan Lomba Sekolah Sehat Terbaik III Nasional (diraih TK Bhayangkara).

Lalu sepekan kemudian, tepatnya 19 November 2019, Balikpapan kembali mendapatkan prestasi nasional yakni Kota Sehat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Menurut dr Deo, penghargaan Kota Sehat sering diperoleh Balikpapan. "Ini selaras dengan penghargaan Adipura, Wahana Tata Nugraha, dan lainnya juga dipertahankan Balikpapan. Penilaian Kota Sehat bukan hanya dari perspektif kesehatan. Justru ada tujuh indikator di luar kesehatan yang dinilai antara lain pariwisata, perkantoran, permukiman sehat, lalu lintas sehat, kehidupan sosial dan lainnya," beber dr Deo.

Mengingat padatnya aktivitas menerima penghargaan atas serangkaian prestasi, maka peringatan HKN ke-55 di Balikpapan baru dapat diselenggarakan nanti pada Minggu (8/12/2019) di kawasan Tennis Indoor Jl MT Haryono Dalam Balikpapan. Tahun ini, tuan rumah pelaksanaan HKN adalah RSUD Kanujoso Djatiwibowo dan DKK Balikpapan.

Selain itu, jelas dr Deo, karena momennya berdekatan dengan peringatan Hari Ibu 22 Desember, maka HKN tahun ini sangat meriah karena digabungkan dengan peringatan Hari Ibu, bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK. "Ya, ibu sangat berperan sebagai agent of change atau sosok yang melakukan perubahan menuju arah hidup sehat dimulai dari rumah atau keluarga," tandasnya.(*)

Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved