Hari Kesehatan Nasional & Hari Ibu

Puncak Acara Ini Ada Karnaval Sayur dan Buah, Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat dan Gowes

Tahun ini lebih meriah karena peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) digabungkan dengan peringatan Hari Ibu.

Puncak Acara Ini Ada Karnaval Sayur dan Buah, Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat dan Gowes
Tribun Kaltim
dr A Sri Juliarty M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 dan Hari Ibu di Kota Balikpapan dilaksanakan Minggu (8/12/2019), di komplek Tennis Indoor Jl MT Haryono Dalam Balikpapan. Serangkaian kegiatan diselenggarakan hingga siang hari nanti.

Diawali pagi hari dengan senam massal Sajojo, kemudian dirangkai dengan jalan sehat yang diikuti 2.500 peserta, gowes, lomba mini soccer, karnaval sayur dan buah, lomba merangkai dan menghias buah, dan lainnya.

"Tahun ini lebih meriah karena HKN digabungkan dengan peringatan Hari Ibu. HKN mengusung tema Generasi Sehat Indonesia Unggul, sedangkan Hari Ibu bertema Perempuan Berdaya Indonesia Maju," ungkap dr A Sri Juliarty M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan kepada Tribunkaltim.co.

Selain beragam perlombaan, jelas dr Juliarty, Walikota Balikpapan Rizal Effendi akan hadir dan menyerahkan 11 unit ambulans baru kepada puskesmas dan DKK Balikpapan. Belasan ambulans itu akan diserahkan masing-masing kepada Puskesmas Telaga Sari, Puskesmas Lamaru, Puskesmas Karang Jati, Puskesmas Manggar Baru, Puskesmas Karang Joang, Puskesmas Baru Ulu, Puskesmas Kariangau, dan Puskesmas Graha Indah. Sedangkan dua ambulans jenazah dan satu ambulans Public Safety Center (PSC) 119 diserahkan kepada DKK Balikpapan.

Nantinya semua ambulans dijejerkan di lokasi acara saat prosesi penyerahan dari Walikota Balikpapan.
Seperti diberitakan sebelumnya, pembelian dan penyerahan ambulans oleh Walikota Rizal Effendi merupakan apresiasi Pemkot Balikpapan pada prestasi yang telah dicapai sektor kesehatan.

Untuk diketahui, pada November 2019 lalu, DKK dan jajarannya mencatatkan banyak prestasi level nasional. Bertepatan peringatan HKN 12 November 2019, Balikpapan mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan berupa juara III nasional Puskesmas Tipe Perkotaan Terbaik, prestasi Dokter Teladan Nasional dari Puskesmas Karangjati (dr Niken Dayu), kemudian pada 13 November Balikpapan meraih penghargaan Lomba Sekolah Sehat Terbaik III Nasional (diraih TK Bhayangkara). Lalu sepekan kemudian, tepatnya 19 November 2019, Balikpapan kembali mendapatkan prestasi nasional yakni Kota Sehat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Terkait puncak kegiatan HKN dan Hari Ibu, dr Juliarty yang akrab disapa dr Deo juga menyampaikan terimakasih kepada semua pendukung atau sponsor. "Ini momen termeriah dan merupakan gerakan bersama. Ada donasi dari organisasi profesi, rumah sakit, puskesmas, apotik, laboratorium. Mereka menyumbang dana, hadiah doorprize, membuat kaos Germas dan lainnya. Juga terimakasih untuk panitia Hari Ibu yang bekerjasama dengan baik," ujar dr Deo.(*)

Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved