Berita Pemkot Tarakan

Wakil Walikota Tarakan Kentongan Alat Informasi Bantu Masyarakat Apabila Terjadi Bencana

Effendhi mengatakan, keberadaan kentongan di pos kamling sangat penting sekali. Pasalnya ini sebuah alat informasi yang dapat membantu

Wakil Walikota Tarakan Kentongan Alat Informasi Bantu Masyarakat Apabila Terjadi Bencana
HUMAS DAN PROTOKOL PEMKOT TARAKAN
Wakil Walikota Tarakan Effendhi Djuprianto menghadiri kegiatan Tanggap Bencana di Pantai Amal, Kamis (5/12/2019). 

TARAKAN- Kentongan yang selalu berada di pos kamling salah satu alat yang dapat memberikan informasi atau isyarat kepada masyarakat bahwa adanya suatu bencana yang terjadi di daerah tersebut.

Menurut Wakil Walikota (Wawali) Tarakan, Effendhi Djuprianto, kentongan yang berada di poskamling ini apabila dipukul memiliki suara bunyi-bunyian.

"Suara bunyi-bunyian dari kentongan yang dipukul ini telah diatur di peraturan pos kamling. Tentu saya mendukung dengan diaktifnya kembali keberadaan kentongan yang ada di pos kamling," ucapnya saat menghadiri dialog Dalam Rangka Program Tanggap Bencana Kentongan di Pantai Amal, Kamis (5/12/2019).

Orang nomor dua di Tarakan ini mengatakan, ia sangat mendukung diaktifkannya kembali keberadaan kentongan yang selama ini ada di pos kamling.

"Ini sangat bagus sekali untuk penyegaran kembali. Kita harap keberadaan kentongan bukan hanya untuk tanggap bencana saja, tapi juga menjaga di lingkungan masing-masing," ucapnya.

Effendhi mengatakan, keberadaan kentongan di pos kamling sangat penting sekali. Pasalnya ini sebuah alat informasi yang dapat membantu masyarakat apabila terjadi bencana dan menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal.

"Jadi saya rasa kedepan di tahun 2020, bisa saja kita adakan lomba kentongan di Kota Tarakan. Biar masyarakat mengetahui betapa pentingnya keberadaan kentongan," ucapnya.

Tak hanya itu, kata, Effendhi lomba kentongan di lingkungan RT dapat pula dipadukan dengan lomba kebersihan dan keindahan lingkungan dengan 3 R ( Reduce, Reuse, Recyle).

"Kalau dipadukan antar kentongan di poskamling dan lomba kebersihan dan keindahan lebih menarik lagi. Sehingga masyarakat lingkungan sekitar dapat bergotong-royong," ujarnya.

Sementara dalam kegiatan ini tidak hanya dihadiri Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tarakan, namun beberapa intasi lainnya, seperti Kodim 0907 Tarakan, kepolisiaj dan perwakilan masyarakat Kota Tarakan.(advetorial/jnh)

Tags
kentongan
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved