Menangkal Penghakiman di Medsos

MEDIA sosial (Medsos) makin memiliki posisi dominan bahkan menggeser posisi portal berita yang dikelola secara professional

Menangkal Penghakiman di Medsos
Tribun Kaltim/Jino Prayudi Kartono
Pengamat Literasi Media Sosial Pitoyo sekaligus Wakil Pimpinan Umum Tribun Kaltim memberikan materi kepada siswa-siswi SMKN 1 Balikpapan dalam lanjutan kegiatan Tribun Kaltim Goes to School di aula sekolah, Selasa (15/10/2018) 

Oleh: Dr. Pitoyo, M.IKom
Praktisi Media dan Pemerhati Komunikasi Antarmanusia

TRIBUNKALTIM.CO  - MEDIA sosial (Medsos) makin memiliki posisi dominan bahkan menggeser posisi portal berita yang dikelola secara professional oleh lembaga bisnis media.

Posisi media sosial bukan hanya menjadi jaringan pertemanan, bahkan sudah bergerak sangat jauh menjadi ajang penghakiman public figure (tokoh publik).

Publik Amerika dan bisa jadi di Indonesia masih ingat kasus Monica Lewinsky, seorang staf magang di Gedung Putih mulai November 1995 sampai 1997 di era Presiden Bill Clinton.

Staf cantik berusia 22 tahun ini tiba-tiba menjadi terkenal seantero jagad dengan sebutan Monicagate setelah skandalnya dengan Clinton diungkap di sebuah blog milik Marx Drugde, pada 19 Januari 1998.

Blog Marx Drudge ini dianggap sebagai awal munculnya jurnalisme online, era baru jurnalisme. Semua orang dengan bermodalkan komputer dan jaringan modem sebagaimana Marx Drudge sudah dapat menuliskan skandal besar, yang belum dimuat oleh media apapun di Amerika Serikat.

Hadirnya blog di media sosial yang digunakan sebagai media informasi politik mencengangkan banyak pihak, termasuk publik pengelola media.

Viral di Medsos, Ini Rumah Orang Kaya yang Sering Jadi Lokasi Syuting FTV, Harga dan Siapa Pemilk

Viral di Medsos, Angkat Koper Milik Penumpang Kelebihan Muatan Ini yang Terjadi pada Pramugari

Ini Kumpulan Ucapan Terbaik Hari Guru Nasional Pas Buat Update Status di Medsos, Mana Favorit Kamu

Selama ini, media massa dianggap memiliki kekuatan dahsyat untuk memberitakan sebuah skandal politik yang melibatkan tokoh politik, sekaliber presiden Amerika sekalipun.

Namun, anggapan itu bergeser dengan adanya web log, yang disingkat menjadi Blog karya Pyra Labs. Blog menjadi media untuk menulis bagi siapapun mulai dari penulis professional, reporter, hingga penulis pemula.

Pola penyebarannya pun menjadi hal baru, berbeda dengan pola penyebaran koran, radio bahkan televisi.

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved