Hari Ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Pantau Lokasi IKN Baru, ke Sepaku Lewat Jalur Darat

Hari ini Presiden Jokowi dijadwalkan pantau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) baru, ke Sepaku lewat jalur darat.

Hari Ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Pantau Lokasi IKN Baru, ke Sepaku Lewat Jalur Darat
Tribunkaltim.co/IG @Jokowi
Peta Pulau Kalimantan yang jelaskan lokasi Ibu Kota Baru Republik Indonesia di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Hari ini Presiden Jokowi dijadwalkan pantau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) baru, ke Sepaku lewat jalur darat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara mulai Selasa (17/12) hingga Rabu (18/12) besok.

Agenda utama Preside Jokowi meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda dan meninjau sekaligus menentukan lokasi beberapa kluster pusat Ibu Kota Negara (IKN) baru di wilayah Sepaku, Penaham Paser Utara.

Kepala Bappenas/Menteri PPN Suharso Monoarfa mengatakan tim penentu lokasi akan melakukan survei udara melalui helikopter untuk mencari lokasi pusat Ibu Kota. Sementara, Presiden Jokowi akan menempuh via jalan darat ke lokasi kluster-kluster pusat IKN.

Suharso mengatakan akan ada beberapa zona di IKN antara lain zona pendidikan, perkotaan, pelayanan umum dan lainnya. Pekan lalu, Jokowi mengatakan akan singgah dan menginap di calon lokasi ibu kota baru.

Warga PPU Menanti Kehadiran Presiden Joko Widodo di IKN, Desak Pemda Siapkan SDM Siap Pakai

Kondisi Perekonomian Balikpapan Tahun 2019 Menurun, Pemindahan IKN Akan Berpengaruh pada Tahun 2020

Mau Diresmikan Jokowi, Bank Indonesia dan Jasa Marga Luncurkan e-Toll untuk Tol Balikpapan-Samarinda

"Untuk memastikan titik mana yang ini kan gede banget, titik mana yang akan dipakai untuk lokasi kluster pemerintahan.

Kan banyak kluster, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, inovasi. Ini titik kluster pemerintahan, artinya istana ada di situ, kementerian ada di situ," ungkap Jokowi.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan lokasi ibu kota baru berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Kira kira di situ kawasannya," ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11).

Presiden Jokowi didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi dan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mendengarkan penjelasan tentang areal yang ditawarkan menjadi calon lokasi pemindahan ibu kota negara RI di Tahura Bukit Seoharto, Kutai Kartanegara, Selasa (7/5/2019). Kepala Bappeda Kaltim Zairin Zain turut membantu memberikan penjelasan.
Presiden Jokowi didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi dan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mendengarkan penjelasan tentang areal yang ditawarkan menjadi calon lokasi pemindahan ibu kota negara RI di Tahura Bukit Seoharto, Kutai Kartanegara, Selasa (7/5/2019). Kepala Bappeda Kaltim Zairin Zain turut membantu memberikan penjelasan. (SYAIFUL/HUMASPROV KALTIM)

Senin (16/12) kemarin, untuk kesekian kalinya Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas membahas persiapan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/12).

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved