Berita Pemkab Kutai Barat

Potensial untuk Olahraga Paralayang, Bupati Resmikan Obyek Wisata Gunung S di Kampung Lakan Bilem

Acara ini dirangkai dengan pelantikan pengurus Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Kutai Barat.

Potensial untuk Olahraga Paralayang, Bupati Resmikan Obyek Wisata Gunung S di Kampung Lakan Bilem
HUMASKAB KUBAR
PERESMIAN - Bupati Kutai Barat FX Yapan mendatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya obyek wisata baru Gunung S di Kampung Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan. Gunung S juga potensial untuk olahraga Paralayang. 

SENDAWAR - Objek Wisata Gunung S yang terletak di Kampung Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan bukan hanya untuk menjadi objek wisata yang menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) tetapi juga sebagai sarana mendukung kemajuan olahraga Paralayang.

Bupati FX Yapan SH Tumenggung Singa Praja memaparkan peresmian kawasan wisata dan lapangan paralayang Gunung S di Kampung Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan diharapkan bisa mendukung semangat memajukan dunia pariwisata Kutai Barat. Acara ini dirangkai dengan pelantikan pengurus Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Kutai Barat.

Keberadaan objek wisata Gunung S bisa mendukung eksistensi cabor paralayang di Bumi Tanaa Purai Ngeriman ini. Turut hadir Kapolres Kubar, Dandim 0912 Kubar, Sekretaris Kabupaten, Danlanud, para Kepala PD di lingkungan Pemkab Kubar, Ketua TP PKK Kabupaten, Ketua DWP Kabupaten, Ketua KONI dan Ketua KNPI, para Camat, Petinggi serta masyarakat.

Bupati mengatakan, atas nama Pemkab Kutai Barat mengapresiasi kegiatan yang terselenggara hari ini. Secara khusus Bupati berpesan terkait peresmian objek wisata Gunung S, dengan pemerintah tentunya mengembangkan dan memajukan lini di setiap bidang termasuk pariwisata. Dengan peresmian ini adalah salah satu langkah nyata untuk mewujudkannya.

"Keberadaan objek pariwisata di setiap kampung yang perlu mendapatkan perhatian serius dalam pengembangannya selalu saya ingatkan dalam setiap kesempatan, bahwa masing-masing kampung melalui aparaturnya menyusun perencanaan program termasuk melihat potensi wisata alam bahkan budaya," harap Bupati.

Bupati menambahkan, untuk mendukung operasional wisata Gunung S diperlukan ketersediaan akses jalan atau sarana yang baik. Oleh karenanya Pemkab Kutai Barat membangun tiga jembatan, yakni Jembatan Sungai Lakan untuk akses ke Lakan Bilem, Jembatan Namuk juga Jembatan Siat yang menuju Kampung terdekat lainnya.

Kampung ini dipersiapkan sebagai daerah pertanian dan peternakan ke depannya termasuk pembangunan jalan beton menuju Intu Lingau akan dituntaskan pada 2020 dengan anggaran mencapai 35 milliar.

"Sekali lagi seluruh masyarakat saya mengajak berkunjung ke Gunung S dan ikut promosikan keluar sebagai wujud dukungan terhadap daerah wisata kita. Besar harapan saya wisata ini akan maju dan berkembang. Tidak lupa mari kita terus tingkatkan SDM warga masyarakat. Bersama kita harus siap menjadi bagian dari daerah penyangga ibu kota negara," kata Bupati.

Berkaitan dengan pelantikan pengurus FASI Kutai Barat, Bupati mengucapkan selamat dan sukses kepada ketua dan sekretaris berserta pengurus lainnya. Kiranya tugas yang diemban dapat dilaksanakan dengan baik.

"Saya berharap keberadaan FASI dapat mencari atlet-atlet berbakat paralayang seperti para atlet nasional yang sudah hadir dan kiranya kehadiran para atlet mampu menginspirasi kaum muda untuk sukses seperti mereka nantinya," ujarnya.

Untuk mendukung wisata gunung S, Bupati meminta agar lokasi tersebut diinventarisir terlebih dahulu apakan sudah menjadi aset Pemkab Kubar. Jika sudah termasuk aset Pemkab Kubar maka dalam proses pembangunannya akan lebih mudah. Bupati ingin jalan menuju Wisata Gunung S bisa di rigid sehingga mencapai ke lokasi gunung S lebih mudah.

PENGHARGAAN - Dalam rangkaian peresmian obyek wisata Gunung S di Kampung Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan, Bupati FX Yapan SH didampingi Sekretaris Kabupaten, Ketua TP PKK, Wakil Ketua II TP PKK Kab Kubar menyerahkan penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan kepada Kader Posyandu Paling Aktif dan Balita Sehat.
PENGHARGAAN - Dalam rangkaian peresmian obyek wisata Gunung S di Kampung Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan, Bupati FX Yapan SH didampingi Sekretaris Kabupaten, Ketua TP PKK, Wakil Ketua II TP PKK Kab Kubar menyerahkan penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan kepada Kader Posyandu Paling Aktif dan Balita Sehat. (HUMASKAB KUBAR)

Bupati menuturkan, Kukar ke depan sebagai IKN oleh sebab itu kita persiapkan objek-objek wisata yang ada di Kubar yakni wisata alam dan budaya.

"Saya juga menginginkan setiap kampung bisa membuat data objek-objek wisata, sehingga kita mengetahui potensi disetiap masing-masing kampung. Dengan kita mengetahui potensi wisata yang ada lebih mempermudah dalam mengaggarkan pada APBD ke depan," tandasnya.

Mulai saat ini kita perlu membuat pondasi/persiapan inovasi, motivasi agar kita tidak tergantung dengan bantuan.

"Kubar adalah rumah kita, Kubar adalah kampung kita, mari kita bergandengan tangan, bahu membahu dan merapatkan barisan, dimana pemerintah sudah membangun infrastruktur sehingga tidak ada alasan jika kita tidak bergerak terutam para kepala kampung jangan jalan ditempat, dimana ADK sudak ditinggkatkan anggarannya mencapai 8-9 ratus juta," ungkap Bupati. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved