Sesuai Aturan, Usia 17 Tahun bisa Daftar Jadi Penyelenggara Pemilu di Pilkada Kota Balikpapan

Sesuai Aturan, Usia 17 Tahun bisa Daftar Jadi Penyelenggara Pemilu di Pilkada Kota Balikpapan

Sesuai Aturan, Usia 17 Tahun bisa Daftar Jadi Penyelenggara Pemilu di Pilkada Kota Balikpapan
Tribunkaltim.Co/miftah Aulia Anggraini
Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN-Sesuai aturan, usia 17 tahun bisa daftar jadi penyelenggara pemilu di Pilkada Kota Balikpapan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan akan mengumumkan proses rekrutmen PPK, PPS, dan KPPS untuk Pilkada 2020 pada 15 Januari mendatang.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyebut terdapat aturan baru yang mengatur di dalam proses rekrutmen pada Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara.

"Jadi ada hal yang baru dalam rekrutmen PPK atau PPS yaitu umur dan periodesasi," ujar Noor Thoha saat ditemui Tribunkaltim.co, Senin (30/12/19).

Dikatakan Thoha, jika pada periode pemilihan sebelumnya syarat umur minimal adalah 25 tahun, maka dalam aturan sekarang usia 17 tahun sudah bisa menjadi bagian dari penyelenggara pemilihan.

Sementara itu, Thoha menambahkan, jika sebelumnya tidak ada aturan yang mengatur mengenai batas usia, maka kali ini batas usia maksimal akan diterapkan menjadi 60 tahun.

"Jadi yang di atas usia itu sudah pasti tidak memenuhi syarat," katanya.

Sementara itu, saat ditanya terkait dengan rasa kekhawatiran mengenai usia minimal yang bisa menjadi bagian dari peneyelenggara, dirinya menyebut KPU tidak merasa khawatiran yang berlebih.

Sebab pihaknya sudah memiliki beberapa pertimbangan untuk dapat menerima para pemuda ini menjadi bagian dari penyelenggara.

"Umur yang 17 tahun ini memang ada kriteria lain, yang pertama itu tokoh masyarakat, jadi ketokohannya menjadi pertimbangan.

Halaman
1234
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved