Stok Darah Menipis

BREAKING NEWS Gawat! Stok Darah PMI Balikpapan Tidak Mencukupi Kebutuhan Hari Ini

Palang Merah Indonesia atau PMI Kota Balikpapan mengakui tengah mengalami kekurangan stok darah karena sepi pendonor. Paling urgen darah A dan O

BREAKING NEWS Gawat! Stok Darah PMI Balikpapan Tidak Mencukupi Kebutuhan Hari Ini
TRIBUN KALTIM/AMANDA
Seorang warga mendonorkan darahnya melalui PMI Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Palang Merah Indonesia atau PMI Kota Balikpapan mengakui tengah mengalami kekurangan stok darah karena sepi pendonor.

Pasalnya, di awal tahun ini tidak ada kegiatan donor darah yang biasanya banyak dilakukan para instansi mengajak karyawan untuk turut berpartisipasi menyumbangkan darah.

Hingga hari kedua di awal tahun ini, Staf Unit Transfusi Darah PMI Kota Balikpapan Mindo mengatakan pihaknya saat ini membutuhkan beberapa golongan darah yang stoknya sangat kurang.

"Stok darah kami sangat urgent apalagi untuk golongan darah O dan A, soalnya sampai tanggal 5 Januari belum ada kegiatan donor darah mobile unit di luar," ujar Mindo, Kamis (2/1/20/2020).

Mindo menambahkan saat ini jumlah darah dari para pendonor belum stabil pada awal 2020. Hal itu, diduga karena mayoritas warga yang masih cuti bekerja.

Padahal, ia menyebut setiap harinya PMI Kota Balikpapan membutuhkan 60-70 kantong darah. Dengan kondisi demikan ia menuturkan stok darah yang dimiliki PMI Kota Balikpapan tidak bisa mencukupi kebutuhan untuk hari ini.

"Untuk hari ini, stok darah bisa dibilang tidak mencukupi kebutuhan, karena permintaan kebutuhan darah itu banyak. Sedangkan stok kami hari ini sangat sedikit," kata Mindo.

Menurutnya, paling tidak setiap harinya harus ada 50 kantong darah yang masuk untuk stok darah PMI Kota Balikpapan.

Sementara itu, Mindo berharap akan banyak masyarakat yang bersedia datang ke PMI Kota Balikpapan untuk mendonorkan darahnya dalam beberapa hari ini.

"Kami tentunya sangat berharap banyak masyarakat yang mau mendonorkan darahnya, karena di hari ini pun saya tidak tau bisa mencukupi permintaan kebutuhan darah atau tidak, apalagi untuk beberapa hari ke depan," tambahnya.

Bagi Anda yang ingin mendonorkan darah bisa langsung datang ke kantor PMI kota Balikpapan di jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Kota Balikpapan. Tidak perlu khawatir terlambat, PMI Kota Balikpapan buka selama 24 jam non stop.

Berikut stok darah di PMI Kota Balikpapan, Kamis (2/1/20).

1. Whole Blood (darah lengkap)
A : 4
B : 18
O : -
AB : 8
2. Pack Red Cell (PRC)
A : 7
B : 9
O : 1
AB : 8
3. Trombocyt (TC)
A : 17
B : 8
O : 16
AB : 8
4. Fresh Frozen Plasma (FFP)
A : 15
B : 28
O : 20
AB : 15

Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved