Ekonomi Kreatif Akan Dikemas Menjadi Oleh-oleh Ciri Khas Balikpapan, Ini Souvenir yang Direncanakan

Ekraf akan digeliatkan di Balikpapan. Saat ini, pemkot tengah menyusun peta jalan pengembangan ekonomi kreatif yang tidak hanya berfokus pada aplikasi

Ekonomi Kreatif Akan Dikemas Menjadi Oleh-oleh Ciri Khas Balikpapan, Ini Souvenir yang Direncanakan
Tribunkaltim.co, Heriani AM
Kepala Bappeda Litbang Balikpapan, Agus Budi Prasetyo 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Ekonomi Kreatif ( Ekraf ) akan digeliatkan di Balikpapan. Saat ini, pemerintah kota tengah menyusun peta jalan pengembangan ekonomi kreatif yang tidak hanya berfokus pada aplikasi dan permainan, namun juga 16 sub sektor lain.

Kepala Bappeda Litbang Balikpapan, Agus Budi Prasetyo mengungkapkan, ke 16 subsektor yang dimaksud termasuk di dalamnya kuliner hingga kriya akan diteliti dan dikembangkan di kota Minyak.

Hal tersebut sejalan dengan keinginan Ketua Forum Ekonomi Kreatif Balikpapan sekaligus istri Walikota Balikpapan, Arita Rizal Effendi.

"Apalagi ibu Arita ingin mengembangkan souvenir khusus yang menjadi ciri khas Balikpapan," kata Agus Budi Prasetyo, Selasa (7/1/2020).

Salah satu jenis souvenir yang direncanakan adalah kipas tangan mirip model Jepang namun berbeda, dengan motif dan hiasan khas Kalimantan ataupun Balikpapan.

Pun dengan kriya, bisa bermotif batik dan kerajinan tangan lainnya. Kalimantan Timur kaya akan potensi yang bisa ditumbuhkembangkan. Namun kerap kali, wisatawan yang datang dibuat bingung memilih oleh-oleh.

Baca Juga;

Jelang Liga 1 Musim 2020, Kuota Tersisa Dua Pemain Asing, Tiga Posisi Ini Jadi Buruan Borneo FC

Tingkatkan Prestasi Bidang Pemuda & Olahraga, Ini Agenda Dispora Samarinda, Paskibra hingga Popprov

Polemik Proyek Pemasangan Pipa PDAM Bontang, Walikota Neni Moerniaeni Beri Respon Keras, Blacklist!

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah Posting Foto Bareng Rambo dan IP Man, Begini Respon Warganya

"Yang mereka tahu, cuma di Kebun Sayur. Ada batu-batuan yang sebenarnya mungkin bukan asli Balikpapan," imbuh Agus Budi Prasetyo.

Termasuk kuliner yang juga punya potensi, namun belum menjadi ikon yang cukup menonjol.
"Kedepan akan kita kaji dan pilih, mana-mana yang bisa dikembangkan sebagai pusat ekonomi kreatif Balikpapan," tukas Agus Budi Prasetyo.

Penulis: Heriani AM
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved