Tanggap Bencana

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah Siapkan Rp 10 Miliar Untuk Tanggap Bencana

Anggaran yang dipersiapkan sekitar Rp 10 miliar. Itu hanya anggaran kecil yang diberikan untuk penanganan korban banjir maupun longsor.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah Siapkan Rp 10 Miliar Untuk Tanggap Bencana
TribunKaltim.CO/Jino Prayudi Kartono
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah pimpin apel kesiapsiagaan tanggap bencana di halaman makodim 0906 Tenggarong, Selasa (7/1/2020). Apel ini bertujuan untuk persiapan para personel gabungan dalam menangani tanggap bencana di Kutai Kartanegara. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Kabupaten Kutai Kartanegara menyiapkan anggaran untuk penangan bencana mencapai Rp 10 Miliar.

Hal itu dikatakan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah usai memimpin apel kesiapsiagaan tanggap bencana di Halaman Makodim 0906 Tenggaring, Selasa (7/1).

“Anggaran yang dipersiapkan sekitar Rp 10 miliar. Itu hanya anggaran kecil yang diberikan untuk penanganan korban banjir maupun longsor. Jika memang bencana alamnya berskala besar dan masif tentu pemerintah memiliki anggaran darurat tersebut,” katanya

Ia mencontohkan seperti kejadian rubuhnya jembatan Kukar delapan tahun silam. Tentu pemerintah menggelontorkan dana lebih diluar anggaran yang telah dipersiapkan untuk menangani bencana skala luar biasa.

"Ada operasional khusus dialokasikan ke bpbd dan beberapa dinas terkait. Tapi kalau pagu khusus bencana ada dana standby yang khusus dipakai jika ada bencana mendadak. Contoh jembatan rubuh kemarin dan kita siap untuk menanganinya," tutur Edi Damansyah.

Edi bersama pihak BPBD telah memiliki peta berpotensi rawan bencana khususnya bencana longsor.

Daerah kawasan stadion Rondong Demang, Waduh menuju Maluhu dan beberapa kawasan perbukitan menjadi daerah rawan longsor.

"Untuk kawasan Tenggarong saja dekat stadion Rondong Demang kawasan kuburan cina. Lalu ada di area Waduk menuju Maluhu. Kita sudah membuat Mapping untuk bencana tanah longsor. Kalau lebih jelas bisa tanyakan langsung ke BPBD," ujar Edi. (jnp)

Musim Hujan Jadi Berkah

BUPATI Kutai Kartanega Edi Damansyah menyebutkan daerah Hulu merupakan daerah yang penuh berkah saat memasuki musim penghujan.

Halaman
12
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved