Presiden Borneo FC Ingin Jaga Tradisi Cetak Kiper Hebat Nasional

Sejak dilatih Luizinho Passos, Borneo FC melahirkan dua penjaga gawang berlabel timnas, Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata.

Presiden Borneo FC Ingin Jaga Tradisi Cetak Kiper Hebat Nasional
TRIBUN KALTIM / REZA RASYID UMAR
Presiden Borneo FC dan dua kiper jebolan Borneo FC, Nadeo Argawinata dan M Ridho. 

SAMARINDA, TRIBUNKALTIM.CO - Borneo FC terkenal sebagai salah satu tim pencetak penjaga gawang terbaik di negeri ini. Sejak dilatih Luizinho Passos, Borneo FC melahirkan dua penjaga gawang berlabel timnas, Muhammad Ridho yang masuk dalam timnas senior, dan juga Nadeo Argawinata sebagai penjaga gawang Timnas U-23.

Namun Luizinho tidak memperpanjang kontrak di Borneo FC, dan memilih pindah ke Persib Bandung untuk musim kompetisi 2020 mendatang. Untuk tetap mempertahankan tradisi sebagai tim pencetak kiper terbaik nasional, Borneo FC mendatangkan pelatih kiper asal Brasil Carlos Salamao. Mantan pelatih kiper klub Liga Thailand Army United tersebut menggantikan Luizinho Passos yang berlabuh ke Persib.

Presiden Klub Borneo FC berharap menjaga trend dapat menghasilkan penjaga gawang berkualitas di Indonesia. "Selamat bergabung untuk coach Salomao, kita tahu Borneo FC sebagai penghasil kiper bagus dan itu akan dilanjutkan olehnya sebagai pelatih kiper di sini," ucap Nabil, dilansir dari laman resmi klub, Rabu (8/1/2020).

Bukan ucapan belaka, sebelumnya, Borneo FC memang memiliki penjaga gawang berkualitas. Sebut saja Muhammad Ridho Djazulie yang kini bermain untuk Madura United. Terbaru, Nadeo Argawinata yang telah berlabuh ke Bali United. Kedua penjaga gawang tersebut, dua musim belakangan kerap dipanggil membela Timnas Indonesia.

Kini, Pelatih Salomao akan melatih Gianluca Pandeynuwu, Zulfikri, dan kiper anyar Diky Indriyana. Kedatangan Salomao diumumkan melalui akun official Instagram Borneo FC, Rabu (8/1/2020). "Nih kita kenalkan pelatih kiper terbaru Borneo FC Carlos Salomao," tulis akun instagram Borneo FC.

Selain merekrut pelatih kiper asal Brasil, Borneo FC juga akan merekrut pemain yang akan dijadikan tandem pemain anyar Francisco Torres.

Head Media Officer Borneo FC, Brilian Sanjaya mengatakan kepada Tribunkaltim.co, Pesut Etam akan mengisi salah satu dari dua slot tersisa pemain asing dalam waktu dekat ini.

Saat ini, Borneo FC sedang melakukan negosiasi dengan pemain berposisi second striker asal Brasil. Namun untuk nama pemain, masih dirahasiakan. "Lagi nego sama second striker asal Brasil," kata Brili.

Jika pemain tersebut direkrut, artinya, pemain anyar Francisco Torres akan terbantu. Sebab, kesamaan bahasa akan mempermudah komunikasi antar pemain di lapangan.

Terkait kuota asing, regulasi Liga menentukan setiap klub dapat memiliki tiga pemain asing plus satu pemain asia.
Saat ini, Borneo FC telah memiliki satu pemain asia, yakni pemain bertahan Javlon Guseynov asal Uzbekistan dan Francisco Torres asal Brasil.

Selain ingin merekrut posisi striker asing untuk mengisi slot pemain asing, Borneo FC juga dikabarkan akan merekrut pemain asing berposisi gelandang.

Selain rekrutan asing, Borneo juga mendatangkan beberapa wajah anyar lokal. Teranyar, gelandang dari Persipura Jayapura, Imanuel Wanggai. "Izinkan kami memperkenalkan rekrutan terbaru musim 2020, Imanuel Wanggai," tulis media officer Borneo FC di akun instagram klub, Selasa malam (7/1/2020).

Nama Imanuel Wanggai tak asing lagi bagi pecinta sepak bola tanah air. Gelandang yang kini berusia 31 tahun tersebut, merupakan pemain andalan Persipura Jayapura lebih dari satu dekade.

Imanual Wanggai merupakan gelandang bertahan, ia menjalani debut di tim senior Persipura Jayapura sejak 2005 silam. Hanya sekali Imanuel Wanggai berpindah klub, yakni ke salah satu klub di Liga Timor Leste pada 2015 lalu. Namun, ia kembali ke Persipura Jayapura. Pasang surut bersama tim Mutiara Hitam sudah ia rasakan. Hingga akhirnya musim baru 2020 resmi bergabung dengan Borneo FC.

Pada 2014, pemain kelahiran Jayapura, 23 Februari 1988 tersebut pernah membela Timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF. Bergabungnya, Imanuel Wanggai ke Borneo FC tentu cukup mengejutkan. Sebab, klub asal Wanggai, sehari sebelumnya sempat membantah pemain kaya pengalaman tersebut akan meninggalkan Mutiara Hitam.(TRIBUN KALTIM / SAPRI MAULANA)

Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved